nusakini.com-- Indonesian Days and Charity Bazaar (IDCB) 2016 di Budapest, Hongaria tidak hanya sukses mendatangkan banyak pengunjung, tapi juga sukses melakukan amal. Ajang promosi tersebut berhasil membukukan total transaksi lebih dari Rp 600 juta serta mencatatkan beberapa potensi kerja sama bisnis dan investasi. 

Selain itu, terkumpul uang sejumlah HUF 534.500 (forint Hongaria, sekitar Rp 25 juta) yang diambil  dari total keuntungan pameran untuk didonasikan kepada Yayasan Sosial Anak-Anak Berkebutuhan Khusus (A Foti Gyermenkozpont Novendekeiert Alapitvany). 

IDCB merupakan kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan untuk kelima kalinya sejak tahun 2011. Perhelatan IDCB 2016 dibagi ke dalam dua periode. Periode pertama diselenggarakan pada 17-19 Mei 2016 di the Great Market Hall (Vasarcsarnock), dan periode kedua pada 21-22 Mei 2016 di  Millenaris, Teatrum, Budapest. 

“Indonesian Days and Charity Bazaar merupakan solo exhibition atau event promosi Indonesia  secara terpadu dan terbesar yang kami selenggarakan secara mandiri sebagai wujud optimisme dan strategi mendukung program peningkatan ekspor,” kata Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest, Hikmat Rijadi. 

Lebih dari 14 perusahaan Indonesia dan Hongaria berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan  membawa berbagai jenis produk, antara lain perhiasan, kerajinan tangan, batik, busana, furnitur, produk-produk kelapa, dan produk kuliner khas Indonesia. 

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo berharap kegiatan ini mampu  mempererat hubungan Indonesia-Hongaria. “Selain sebagai ajang promosi produk Indonesia, kami  berharap Indonesian Days and Charity Bazaar juga dapat mempererat hubungan bilateral dan rasa  saling peduli antara Indonesia dan Hongaria,” ujar Wening. 

IDCB 2016 terselenggara atas kerja sama ITPC Budapest dan KBRI Hongaria. Acara ini dibuka secara  resmi oleh Duta Besar RI untuk Hongaria. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan potensi investasi di Provinsi Lampung oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah Provinsi Lampung, Taufik Hidayat. 

Selain dihadiri oleh para Duta Besar negara-negara sahabat yang ada di Budapest, perhelatan IDCB  2016 ini juga dihadiri oleh beberapa Duta Besar Indonesia yang ada di kawasan Eropa Tengah dan Timur. Tercatat lebih dari 3.000 pengunjung turut hadir di perhelatan ini. (p/ab)