Program READSI akan Rekrut 342 Fasilitator Desa

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Solo--Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) menggelar acara Sosialisasi Petunjuk Teknis Rekrutmen Fasilitator Desa di Hotel Novotel, Solo, Jawa Tengah, Rabu (30/4). Acara dihadiri oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara, Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang serta para esselon III dan IV Dinas Pertanian yang memiliki fungsi penyuluhan di 6 Provinsi dan 18 Kabupaten pelaksana Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling up Initiative (READSI). 

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M, menyampaikan dalam sambutannya bahwa dalam implementasi Program READSI perlu akselerasi dari seluruh pihak, UPT Pelatihan Pusat, Dinas Provinsi dan Kabupaten agar dana pinjaman yang digunakan dapat betul-betul memberikan manfaat sampai dengan meningkatkan petani dengan delta yang signifikan. 

Pada tahun 2019 ini BPPSDMP melalui Program READSI akan melaksanakan rekrutmen Fasilitator Desa (FD) secara partisipatif sebanyak 342 orang untuk memenuhi kebutuhan fasilitator di tiap desa lokasi program. "Untuk mendukung kegiatan tersebut pengelola program sudah menyusun Petunjuk Teknis yang mengatur proses dan mekanisme rekrutmen FD. FD yang lolos seleksi nantinya akan bekerja bersama Penyuluh di lapangan untuk memberikan fasilitasi dan pendampingan kepada kelompok tani selama kegiatan READSI."ungkap Bustanul.(R/Rajendra)