Prof. Dedi Nursyamsi: Terus Update, Update dan Upgrade. Karena Kunci Utama Adalah SDM Pertanian yang Handal, Mandiri, Professional dan Berjiwa Entrepreneurship Tinggi.

By Admin


nusakini.com - Tugas pokok dan fungsi dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) adalah menciptakan SDM Pertanian yang handal, SDM yang berdaya saing, yang mandiri, yang professional. Bahkan sekarang ditambah dengan berjiwa entrepreneurship. Karena itu “update update dan upgrade”. Tegas Prof. Dedi Nursyamsi Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian didepan ratusan widyaiswara, instruktur, pelatih, aparatur Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batang Kaluku, Sulawesi Selatan 16/8/2019. 

Untuk membentuk insan pertanian yang handal diperlukan widyaiswara, pengajar, instruktur dan aparatur yang handal, yang professional yang visinya jauh kedepan. Ujar Prof. Dedi. “Didepan saya anda semua adalah manusia-manusia yang utama dalam pembangunan pertanian. Kunci berikutnya kita harus tingkatkan kapasitas kita sendiri dulu sebelum mengajar ke orang lain”.

“Ada internet 24 jam disini. di BBPP Batang Kaluku. Jadi tidak ada alasan. Update kapasitas kita. Gunakan internet of things. Gunakan berbagai aplikasi yang ada”. Tegas Prof.Dedi “Banyak Jalan menuju Mekkah “. Apalagi di era 4.0 ini. Jangan patah semangat jangan patah arang. 

Sekarang jamannya Apple IOS, jamannya android, jamannya Internet Of Things (IoT). Jamannya penggunaan Big Data. Jamannya penggunaan Artificial Intelligence (A.I). Jamannya dimana segala sesuatunya itu otomatis. Artinya kita harus melek Information and Communication Technology (ICT) yang berkembang sangat cepat sekali. Tegas Prof. Dedi.

Dengan upaya yang luar biasa pasti kita mampu menjadi orang yang luar biasa. Saya ingin anda semua di BBPP menjadi orang yang luar biasa karena berupaya dengan luar biasa. Setuju! jawab seluruh aparatur yang hadir di Aula Hassanudin BBPP Batang Kaluku. 

Tugas pokok kita sangat mulia menghasilkan SDM handal professional, mandiri berjiwa entrepreneur. Berarti instrukturnya, gurunya, widyaiswarnya juga harus lebih handal harus lebih professional dan harus lebih berjiwa entrepreneurship. 

Mari kita tingkatkan kemampuan kapastitas kehandalan kita. Banyak sarana prasarana yang bisa kita manfaatkan. ICT adalah salah satunya juga pengalaman dilapang, sharing dengan teman dilapangan. Artinya “Gaul” komunikasi Dengan seluruh pihak Insya ALLAH kapasistas bapak ibu sekalian akan meningkat dengan sendirinya tanpa anda sadari.

“Karena itu selain mencetak sdm yang handal kita juga wajib mengupadate ilmu, mengupdate pengalaman, mengupgrade kapasitas sehingga kita bisa menjadi manusia yang handal professional menuju swasembada menuju kemandirian pangan menuju kedaulatan pangan hingga menjadi lumbung pangan dunia”. Tegas Prof Dedi menutup pembinaan dan supervisi pegawai BBPP Batang Kaluku. (Prb)