Presiden Parlemen Eropa David Sassoli Meninggal Dunia

By Nad

nusakini.com - Internasional - David Sassoli, presiden parlemen Eropa, telah meninggal pada usia 65 tahun, juru bicaranya telah mengumumkan.

Sassoli meninggal pada pukul 1.15 pagi di Aviano, Italia, di mana ia telah dirawat di rumah sakit sejak 26 Desember karena fungsi abnormal dari sistem kekebalannya, menurut Roberto Cuillo.

Sassoli menderita radang paru-paru parah pada bulan September selama sesi pleno parlemen dan harus dirawat di rumah sakit. Dia kembali ke Italia untuk memulihkan diri tetapi kambuh yang membuatnya menjauh dari tugasnya untuk sementara waktu sebelum dia melanjutkan aktivitasnya pada bulan November.

Pemungutan suara untuk menunjuk presiden baru telah direncanakan bulan ini, dan Sassoli, anggota parlemen Uni Eropa dari Sosialis, telah memutuskan untuk tidak mencalonkan diri dalam pemilihan ulang.

Seorang mantan jurnalis, Sassoli pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen Eropa pada 2009. Ia memenangkan masa jabatan lagi pada 2014 dan menjabat sebagai wakil presiden parlemen. (Guardian/dd)