Presiden Jokowi: Tanpa Kreativitas dan Kerja Keras, Bangsa Indonesia Akan Digulung Sejarah

By Admin

nusakini.com--Presiden Jokowi berharap pameran lukisan Istana bertajuk '17/71: Goresan Juang Kemerdekaan' dapat menjadi inspirasi bangsa. Menurut Jokowi, bangsa ini harus kembali menjadi kreatif untuk menghadapi tantangan ke depan. 

"Sebab tantangan ke depan semakin berat dan tidak mudah tanpa optimisme, tanpa semangat gotong royong, tanpa semangat kerja keras, tanpa kreativitas yang tinggi bangsa ini akan digulung oleh arus sejarah dan ini kita tidak mau," Jokowi di Galeri Nasional, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, seperti dilansir, Seskab.go.id. Senin, (1/8/2016). 

Jokowi menyebut Istana memiliki sekitar 3.000 lukisan. Pada pameran ini ada 28 lukisan yang lulus kurasi untuk dipamerkan. 

"Insya Allah semakin banyak koleksi lukisan dan benda seni Istana yang bisa dinikmati masyarakat. Semoga langkah tersebut bisa menjadi bagian dari tugas kita untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang yang berdaulat yang mandiri, berdikari, berdaya saing dan sejahtera," ungkap Jokowi. 

Menurut Jokowi, ada banyak nilai perjuangan yang bisa dipetik dari lukisan-lukisan yang dipamerkan. Dia berharap generasi muda bisa mengapresiasi karya seni para maestro seni lukis Indonesia sejak zaman kolonial ini dan terinspirasi untuk berkarya. 

"Mereka (pelukis) bisa membangun, bisa membayangkan, membangun imajinasi yang indah tentang bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia tentang sopan santun dan kehalusan budi masyarakat Indonesia dan tentang peradaban kita, Indonesia," kata Jokowi.(p/ab)