Presiden Jokowi Puji Kapal Teras BRI

By Admin


nusakini.com - Di sela kunjungannya ke Ambon, Maluku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Kapal Bahtera Seva III Teras BRI, di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tantui, Jumat (24/2) siang.

Presiden Jokowi menjelaskan, negara kita ini negara kepulauan, memiliki 17 ribu pulau, di Maluku Utara ada 800 pulau, di Maluku ada 1.340 pulau. Tidak mungkin itu dilayani lewat kantor-kantor yang ada di darat, tidak mungkin. Sehingga BRI membuat, membangun Teras BRI. 

“Artinya apa? Masyarakat, penduduk di pulau-pulau itu dilayani dengan kapal ini,” tutur Presiden kepada wartawan. 

Menurut Presiden, kapal Bahtera Seva III Teras BRI ini bagus sekali, ada ATM-nya, kemudian juga langsung online. Artinya, masalah hal-hal yang berkaitan dengan satelit, karena BRI punya satelit sendiri, tidak ada masalah. 

“Ini sudah berjalan hampir 6 bulan dan sudah ada tabungan, ada deposito Rp5,4 miliar dan sudah mengeluarkan kredit Rp7 miliar,” ungkap Presiden seraya menambahkan, proses seperti ini yang terus akan didorong agar pulau-pulau juga terlayani semuanya, masyarakat juga masuk ke banking system, ke sistem perbankan. 

Itulah, sebut Presiden, yang dinamakan keuangan inklusif, di mana semua masyarakat, nelayan, petani kecil, yang punya kopra kecil-kecil itu semuanya bisa menabung. 

“Bisa deposito, tapi juga bisa meminjam kredit. Poinnya ada di situ. Jadi membiasakan rakyat untuk terbiasa dengan sistem perbankan dan masuk kepada sistem perbankan,” tutur Presiden 

Sementara Dirut Bank BRI Asmawi Syam dalam penjelasannya mengatakan, kapal Bahtera Seva III panjangnya 28m. Pemanfaatannya bertambah, kalau di Jakarta hanya untuk layanan perbankan, kalau di Maluku ada perpustakaan, taman bacaan, ada layanan kesehatan. 

“Rata-rata uang per penabung Rp9,5 juta, kalau di Jakarta Rp4,5 juta. Ini lebih besar,” papar Asmawi. (p/mk)