Presiden Jokowi Pimpin Aksi Penanaman 238 Ribu Pohon Secara Serentak

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo memimpin aksi Penanaman Pohon Serentak dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN), di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (28/11) siang.

Pada pukul 11.10 waktu setempat, Presiden memberikan aba-aba untuk menanam pohon serentak diiringi bunyi sirine. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmaanirrahim, ayo kita menanam pohon dalam waktu satu jam ini,” seru Presiden Jokowi.

Kegiatan bertema “Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan, dan Sumber Devisa Negara” ini juga dimaksudkan untuk memecahkan rekor dunia penanaman pohon serentak.

Ada sebanyak 238.000 pohon ditanam oleh 5.500 petani, warga, dan pelaku tanam lainnya untuk memecahkan rekor 228.000 sebelumnya di Filipina. Rekor dunia penanaman pohon serentak itu akan masuk dalam catatan “Guinness World Records“.

Saat hadir di acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim, Pangdam, serta perwakilan dari Guinness Book Of World Records.

Peringatan HMPI dan BMN 2016, KLHK bekerjasama dengan Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (KOPRABUH).

Jenis pohon-pohon yang ditanam, diantaranya Jati, Sukun, Mahoni Angsana, Tanjung Merbau, Manglid, Bungur, Gayam, Ebony, Bisbul, Durian, Matoa, Sirsak, Kenari, Nangka, Duku, Kelengkeng, Sawo dan lainnya. (p/mk)