Presiden Jokowi Harap OKI Menjadi Bagian dari Solusi

By Admin



JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) harus mampu menjadi bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah.


"OKI dibentuk karena adanya kebutuhan mendukung perjuangan Palestina," ujar Presiden saat berpidato di pembukaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) OKI ke 5.

Presiden Jokowi menegaskan apabila OKI tidak bisa menjadi bagian dari solusi Palestina, maka keberadaan OKI menjadi tidak relevan lagi. "Sekali lagi menjadi tidak relevan lagi," tegasnya.

Jokowi menerangkan batas toleransi masyarakat internasional terhadap keberlanjutan pendudukan ilegal Israel atas wilayah Palestina sudah lama berakhir.

Ia menyerukan sebagai bagian dari masyarakat internasional, Israel harus segera menghentikan aktivitas dan kebijakan ilegalnya di wilayah pendudukan.

Presiden Jokowi menyatakan Indonesia dan Dunia Islam siap melakukan langkah-langkah konkrit untuk terus mendesak Israel mengakhiri penjajahannya atas Palestina dan menghentikan kesewenang-wenangan di Al-Quds Al-Sharif. (mk)