Presiden Jokowi Hadiri Rangkaian Acara KTT ke-35 ASEAN di Thailand

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan terbatas bertolak menuju Thailand, Sabtu (2/11) pagi, dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk menghadiri rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN dan KTT terkait lainnya yang digelar pada 2 hingga 4 November 2019.

KTT ke-35 ASEAN yang mengusung tema “Advancing Partnership for Sustainability” hendak memastikan kemitraan negara anggota ASEAN dan negara lainnya bagi keberlanjutan kemajuan di kawasan.

Sebelumnya, Kepala Negara menjelaskan dalam KTT ke-35 ASEAN nanti, Indonesia akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pasifik sehingga memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara anggota ASEAN. “Kita harapkan dengan konektivitas yang baik, daya saing dari produk-produk yang diproduksi negara-negara ASEAN menjadi lebih kompetitif,” kata Presiden Jokowi saat bertemu dengan wartawan, di Istana Merdeka, Jumat (1/11) siang.

Siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden menyebutkan, selain menghadiri rangkaian pertemuan KTT, Presiden juga dijadwalkan akan melakukan beberapa pertemuan bilateral.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono yang ikut dalam rombonganPpresiden menjelaskan, sore nanti Presiden Jokowi direncanakan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB}. Mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, dan Staf Khusus Presiden M. Fadjroel Rachman. Adapun Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah lebih dahulu berada di Bangkok, Thailand untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri dan mempersiapkan kedatangan Presiden. (p/ab)