Presiden Jokowi: Dunia Tidak Perlu Seperti Skenario Game of Thrones

By Admin


nusakini.com-Nusa Dua- Dalam sidang pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pimpinan ekonomi dari 189 negara bahwa kerjasama dan kolaborasi global perlu dikedepankan dalam menghadapi volatilitas eksternal seperti saat ini. 

Presiden menggarisbawahi bahwa dunia tidak perlu seperti alur skenario film Game of Thrones yang hanya mengedepankan kompetisi dan rivalitas. 

“Tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan ditengah kehancuran. Tidak ada artinya jadi ekonomi yang terbesar diantara ekonomi dunia yang tenggelam,” ujar Presiden Jokowi, mengingatkan segenap pembuat kebijakan ekonomi dari 189 negara, termasuk dari negara-negara maju terbesar di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). 

Presiden mengingatkan perlunya menjaga komitmen kerjasama global. Skenario film Game of Thrones berakhir dengan pesan moral bahwa konfrontasi akan membawa masalah bagi semua, baik yang kalah maupun yang menang. 

Hubungan antara negara-negara maju saat ini terlihat seperti Game of Thrones, menurut Presiden. Ibarat alur cerita film tersebut, kompetisi antara kekuatan besar untuk menjatuhkan sesamanya membuat mereka tidak sadar akan adanya ancaman global yang ada di depan mata. 

Kerjasama ekonomi selama ini telah membuka banyak kesempatan bagi dunia. Ancaman global hanya bisa ditangani jika kita bekerjasama, menurut Presiden. 

“Apakah ini saat yang tepat untuk mengedepankan rivalitas dan kompetisi ataukah ini waktu yang tepat untuk kerjasama dan kolaborasi?,” ujar Presiden Jokowi, mengingatkan segenap peserta. 

Waktu sudah sangat mendesak kita untuk berkolaborasi secara global. Segenap pembuat kebijakan global harus berkontribusi untuk mencari kebijakan moneter dan fiskal yang tepat untuk menghadapi ketidakpastian global, ujar Presiden Jokowi. (p/ab)