Presiden Jokowi Dijadwalkan Akan Hadiri Bulan PRB di Menado

By Admin

Presiden Joko Widodo

nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional, ASEAN Ministerial Meeting On Disaster Management (AMMDM), serta ASEAN Comittee On Disaster Meeting (ACDM) pada 11-14 Oktober mendatang di Manado, Sulawesi Utara.

"Telah dilaksanakan rapat koordinasi terakhir untuk kesiapan acara puncak yang rencananya dibuka Presiden Jokowi," ungkap Kepala Pusdiklat Penanggulangan Bencana RI Bagus Tjahjono di Manado, Jumat (7/10/2016).

Menurut Bagus, acara ini juga akan dihadiri 10 pejabat setingkat menteri dan delegasisi dari negara-negara ASEAN dan negara peninjau seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Selandia Baru.

"Peserta diperkirakan mencapai 3.000 orang, mungkin saja bisa lebih," ujarnya.

Beberapa acara akan dilaksanakan serangkaian dengan pelaksanaan peringatan bulan PRB, AMMDM, ACDM seperti seminar, kajian -kajian tentang risiko penanggulangan bencana, gelar relawan, bersih-bersih sungai dan pantai, penanaman terumbu karang, penanaman mangrove, pameran risiko bencana, serta penghargaan bagi institusi atau individu yang berkontribusi tinggi tentang penanggulangan bencana.

"Target utama kegiatan ini adalah penanggulangan dan pencegahan risiko bencana. Ini perlu digalakkan karena Indonesia adalah negara rawan bencana apalagi di Manado, Sulut, rawan bencana tanah longsor dan banjir," pungkasnya. (b/mk)