Presiden Jokowi diharapkan Membuka APRM ILO di Bali

By Admin

nusakini.com--Presiden Joko Widodo diharapkan dapat Membuka secara resmi Asia Pacific Regional Meeting International Labour Organization (APRM - ILO) di Bali, 6-9 Desember 2016. Selain membuka, Presiden Jokowi, juga diharapkan bersedia menjadi pembicara kunci dengan topik Pekerjaan yang layak di masa depan. 

Selain itu rapat juga menetapkan Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri, sebagai Ketua (Chair Person). Penetapan Itu, disampaikan Direktur Regional International Labour Oganization (ILO) - Asia Pacific Group (ASPAG) Tomoko Nishimoto, pada pertemuan ASPAG, disela-sela sidang ILO Jumat (10/06) di Jenewa. 

Pertemuan harian ASPAG yang dipimpin Koordinator ASPAG 2016, DR. Visnu dari India. Agenda pertemuan ASPAG kali ini membahas dua agenda. Pertama, kasus-kasus penting perburuhan yang pembahasannya mengalami penundaan di Committee of Application Standard (CAS). Kedua, persiapan APRM di Bali. 

Dalam pertemuan Bali akan ada sesi khusus membahas tentang perekrutan yang aman dan transparan (save and fair) pada sistem migrasi serta peningkatan keterampilan bagi para pekerja untuk masa depan yang lebih baik. 

Panelis dalam sesi ini diharapkan melibatkan expert dari Abu Dhabi Dialoque, Colombo Process, dan GFMD (Global Forum on Migration Development). Partisipasi panelis wanita sangat diharapkan dalam pertemuan tersebut. 

APRM Bali akan menghasilkan Bali Declaration yang bersifat non binding (tidak mengikat) di antara peserta APRM yang terkait dengan impelementasi future decent work, serta kaitannya dengan SDG. Draf Deklarasi Bali akan dibahas dalam pertemuan ILO Governing Body meeting pada bulan November 2016 di Jenewa.(p/ab)