Presiden Iran Sambut Kunjungan Presiden Jokowi Dengan Upacara Kenegaraan

By Admin

nusakini.com--Mengawali rangkaian kegiatan di Iran, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (14/12) pagi, melakukan kunjungan ke Istana Sa’ad Abad, di Teheran dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. 

Presiden tiba di Istana Sa’ad Abad sekitar pukul 09.35 waktu setempat yang langsung disambut oleh Presiden Hassan Rouhani. Kedua pemimpin kemudian menuju mimbar kehormatan untuk mengikuti upacara kenegaraan. 

Alunan lagu kebangsaan kedua negara kemudian diperdengarkan. Selanjutnya, Presiden Jokowi didampingi Presiden Hassan Rouhani memeriksa jajar kehormatan. Usai memeriksa jajar kehormatan kedua kepala pemimpin pun berjabat tangan. 

Setelah upacara penyambutan acara dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antar kedua kepala negara yang dilanjutkan dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antar kedua negara. Mengakhiri pertemuan, akan diadakan pernyataan pers bersama yang dilanjutkan dengan Jamuan Santap Siang Kenegaraan. 

Adapun nota-nota kesepahaman (MoU) yang rencananya akan ditandatangani antara lain MoU mengenai Ekstradisi di pihak Pemerintah Indonesia ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri, Mutual Legal Asisstance ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri, MOU Kerja sama Kelistrikan ditandatangani oleh Menteri ESDM, dan MOU Kerjasama Investasi ditandangani oleh Kepala BKPM. (p/ab)