Presiden Ingin Wisata Kota Lama Semarang Ikut Menopang Ekonomi Jateng

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang-Kawasan Kota Lama Semarang adalah salah satu tempat yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. Secara umum, bangunan-bangunan yang berada di kawasan ini mengikuti bangunan di Eropa sekitar tahun 1700-an. 

Kawasan yang begitu dekat dengan sejarah menurut Menkeu harus terus dijaga tidak hanya fisiknya tetapi juga cerita sejarah yang menjadikan kota Lama salah satu penopang kegiatan ekonomi di kota Semarang. 

"(Kota Lama) juga bisa menceritakan bahwa Semarang merupakan kota dengan sejarah yang sangat panjang," ucapnya sambil berjalan menikmati indahnya bangunan-bangunan di Kota Lama, Senin (30/12). 

Tak berbeda dengan Menkeu, Presiden pun berpesan agar kawasan Kota Lama dapat diisi dengan berbagai kegiatan budaya. Lahan seluas 31 hektar ini yang sudah dihidupkan kembali, diharapkan dapat menjadi icon kota Semarang. 

"Kota Lama direstorasi dengan baik sehingga bisa menjadi icon kota Semarang jadi bisa menarik wisatawan. (Kawasan Kota Lama) harus diisi dengan kegiatan-kegiatan budaya. Mungkin galeri, restoran sehingga juga bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi kota Semarang atau Jateng," pesan Presiden Jokowi.