Presiden Filipina Izinkan Warganya Tembak Pengedar Narkoba

By Admin

nusakini.com--Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte, terus mendorong masyarakat untuk memburu pengedar narkoba. Ia bahkan mengizinkan dan mendesak masyarakat menggunakan senjata untuk menembak dan membunuh para pelaku kejahatan.

"Silakan hubungi polisi, atau Anda bisa melakukannya sendiri jika memiliki pistol. Saya mendukung Anda. Jika pengedar narkoba menolak ditangkap atau dibawa ke kantor polisi dan mengancam warga dengan pistol atau pisau, Anda bisa membunuhnya," kata Duterte, seperti diberitakan oleh Al Ar, Senin (6/6)

Ia juga akan memberikan penghargaan besar untuk orang-orang yang menyerahkan pengedar narkoba, dalam keadaan hidup atau mati.

Duterte, yang memenangi pemilu pada 9 Mei lalu dalam kampanyenya berjanji untuk mengakhiri kejahatan dalam waktu tiga sampai enam bulan masa jabatannya. Dalam pidatonya, ia juga menegaskan bahwa kampanye anti-kejahatan yang dicanangkannya akan seperti "perang berdarah" dan sejumlah besar uang akan dikeluarkan untuk menumpas peredaran narkoba.

"Saya akan membayar Anda. Jika Anda menangkap gembong narkoba dalam keadaan mati, saya akan memberikan lima juta peso (atau setara Rp1,5 miliar)," kata Duterte. 

Sementara itu, Badan Pengawas Hak Asasi Manusia telah memberikan peringatan bahwa tindakan anti-kejahatan ala Duterte kemungkinan akan meningkatkan pelanggaran hak asasi secara meluas. Namun, Duterte dan pejabat Filipina lainnya telah menepis peringatan dari kelompok HAM mengenai bahaya "keadilan main hakim sendiri." (v/ab)