Presiden Apresiasi Kerja Sama TNI dan Polri Terkait Pengamanan Natal 2016

By Admin

nusakini.com-- Umat Kristiani telah merayakan Natal 2016. Perayaan berlangsung aman dan damai. Presiden mengapresiasi kerja Sama TNI dan Polri dalam menjaga ibadah-ibadah Natal. 

“Sampai saat ini sangat bagus, TNI dan Polri bekerja sama mengamankan perayaan natal 2016. Ini sangat baik,” kata Presiden di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/12). 

Presiden dijadwalkan menghadiri Peringatan Natal Bersama Tingkat Nasional 2016 digelar di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (27/12). Natal Nasional 2016 bertema Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud (Lukas 2:11) dengan sub tema Memperkuat Persaudaraan dan Cinta Anak Bangsa. Natal Nasional akan dihadiri sekitar 17.000 undangan dan dijadwalkan berlangsung pukul 15.00 WITA. 

Sebelumnya, Presiden telah mengucapkan selamat Natal bagi seluruh umat Kristiani. Ucapan tersebut disampaikan Presiden melalui akun Twitter-nya @jokowi. “Selamat merayakan Hari Natal tahun 2016 untuk seluruh umat Kristiani di Indonesia -Jkw,” cuitnya, Senin (26/12). 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana s Plt Gubernur DKI, Sumarsono pada Sabtu (24/12) berkeliling ke sejumlah gereja untuk memantau ibadah malam Natal. 

Salah satu gereja yang didatangi yakni Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Menteng. “Atas nama pemerintah, kami menyampaikan selamat hari Natal, damai Indonesiaku tercinta,” kata Tjahjo dalam sambutannya. 

Tjahjo juga menegaskan bahwa Indonesia bukan milik kelompok tertentu. Dia juga menyatakan bahwa pemerintah berkomitmen menjaga kebhinnekaan. 

“Tugas pemerintah, ada polisi dan ada TNI yang bertugas menjaga kebhinnekaan. Kapolri dan Panglima akan menjaga Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” tegasnya.(p/ab)