PPBU BRI Pemacu Semangat Kerja Bisnis Mikro

By Admin

nusakini.com Jakarta – Konsistensi Bank BRI di bidang Micro banking memang tidak main-main, hingga membuat penyaluran pinjaman di sektor usaha mikro di atas 30%, dengan kinerja yang selalu memuaskan. 

Ditahun 2015, total pinjaman di segmen mikro tercatat tumbuh sebesar Rp. 178,9 triliun, dengan jumlah nasabah yang meningkat menjadi 7,9 juta. Kemudian di tahun 2016, Bank BRI menargetkan penyaluran pinjaman di sektor usaha mikro bisa tumbuh di kisaran 15%-17% yoy atau sekitar Rp 209,3 triliun, karena pertumbuhan tersebut nantinya didorong oleh penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp. 61 triliun. Fokus lainnya adalah menjaga kualitas kredit atau level Non Performing Loan (NPL) di segmen mikro. 

Untuk mencapai target tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh Bank BRI di antaranya dengan menyuntikkan semangat atau motivasi kepada jajaran pekerja di bisnis mikro melalui PPBU. Program Penghargaan BRI Unit (PPBU). 

PPBU merupakan program reward yang diberikan kepada jajaran bisnis mikro, yang telah dijalankan sejak tahun 1988. Adapun PPBU ini terdiri dari 2 (dua) jenis kriteria perlombaan yaitu Sistem Insentif Pengembangan Kegiatan (SIPK) dan Program Penghargaan BRI Unit Terbaik Kategori Tertentu. Sedangkan pemenang SIPK terdiri dari 2 tingkat yaitu pemenang SIPK reguler (Tingkat Kanwil) dan pemenang SIPK Nasional. 

Kemudian PPBU Kategori tertentu merupakan penghargaan yang diberikan kepada BRI Unit dengan sistem kompetisi pencapaian tertinggi. Terdapat 4 macam kategori yang dikompetisikan antara lain: 

1.Peningkatan Pinjaman Tertinggi (PPT) 

2. Peningkatan Simpedes Tertinggi (PST), 

3. Pencetak Laba Tertinggi (PLT) 

4. Pencetak Fee Based Income Tertinggi (PFT). 

Hingga akhirnya untuk pemenang PPBU, disediakan reward dari management Bank BRI, mulai dari hadiah yang bernilai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.(if/mk)