Polri Perlu Reformasi Birokrasi

By Admin


nusakini.com - Bandung - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi mengatakan perlu ada terobosan yang radikal dalam reformasi birokrasi di tubuh Polri. "Apabila tingkat kepuasan masyarakat masih rendah, artinya proses reformasi masih harus terus berlangsung dan diperkuat," kata Yuddy.

"Menjadi penting untuk diperhatikan bersama bahwa program, kegiatan, dan rencana aksi reformasi birokrasi Polri bukan hanya sekedar untuk menghasilkan output tetapi juga harus dijaga agar kita bisa memperoleh hasil positif meskipun secara perlahan tetapi pasti," kata Yuddy saat memberikan pembekalan pada peserta Sespimti Polri Dikreg ke-25 Tahun Anggaran 2016 di Bandung, Kamis (14/4/2016). 

Lanjut Yuddy, yang harus dipertahankan adalah sistem. Menurutnya, saat ini anggota di Polri memiliki kecenderungan mengikuti pemimpinnya. Jika pemimpinnya berubah maka berubah juga pola organisasi di Polri. Hal ini memberikan gambaran bahwa sistem rekrutmen dalam jenjang kepemimpinan belum bagus. Polanya masih menonjol pada penilaian subjektifitas bukan objektif. 

Karena itu Menteri berharap para peserta Sespimti ini dapat menjadi penggerak utama (prime mover) dalam perubahan reformasi birokrasi di Polri. Karena ke depan, akan semakin banyak tantangan yang dihadapi.(ip/mk)