Pj Wali Kota Iqbal Inspektur Upacara pada Apel Kesiapsiagaan Dinas Damkar Makassar

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- Pj Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb menjadi pembina apel pada Apel Kesiapsiagaan yang digelar Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar di halaman Kantor Dinas Damkar, Jalan Ratulangi, Kompleks PDAM No 11, Selasa, (20/5).

Apel yang digelar Dinas Damkar bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas personil dan kelembagaan dalam menyongsong tugas yang semakin kompleks tantangannya. 

Dalam pembukaan amanatnya, Pj Wali Kota Iqbal langsung mengucapkan yel yel Damkar, "Siapa kita?" yang disambut seluruh personel Dinas Damkar dengan jawaban “Damkar.. damkar.” 

Iqbal mengungkapkan dirinya senang berada di tengah - tengah seluruh jajaran Dinas Damkar yang telah berhasil mengukir prestasi membagakan bagi kota Makassar. Terbaru, Dinas Damkar berhasil meraih Juara Umum Skill Competition dalam Peringatan Hari Damkar ke – 100 Tahun di Pekanbaru, Riau. 

Dalam arahannya, Pj Wali Kota Iqbal mengingatkan pentingnya menjaga situasi dan kondisi kota Makassar agar tetap aman dan damai. Apalagi menjelang pengumuman Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI serta Pemilihan Anggota Legislatif Tahun 2019 yang dijadwalkan berlangsung hari ini. 

"Kita tahu pasca pengumuman Pemilu Pileg dan Pilpres saat ini masuk dalam satu eskalasi politik yang cukup tinggi, sehingga saya ke sini untuk melihat bagaimana kesiapan Damkar menghadapi eskalasi jika terjadi," ucapnya. 

Menurutnya sebagai organisasi yang bekerja selama 24 Jam Damkar dituntut untuk siap mengantisipasi dan menghadapi berbagai resiko termasuk kemungkinan terjadinya bencana ataupun kebakaran.

"Kita akan cek seluruh komponen Damkar saat ini, termasuk rehabilitasi gedung yang memang sudah waktunya direnovasi. Apalagi Damkar saat ini telah mempunyai Skuad Amimal Rescue," ujarnya. 

Iqbal juga menekankan agar memperhatikan kesejahteraan seluruh pegawai Damkar terutama pegawai yang masih berstatus honorer. 

"Saya tidak mau melihat gaji pegawai Damkar di bawah UMR kita harus naikkan di atas UMR," ucapnya sambil disambut sorak - sorai seluruh pegawai Damkar. 

Usai Apel Kesiapsiagaan, Pj Wali Kota Iqbal langsung meninjau seluruh peralatan Damkar serta mengecek satu per satu komponen peralatan Damkar yang siap dipergunakan selama 24 Jam. (yat)