Pilpres 2019: Jokowi Target 82 Persen di Jateng

By Admin


nusakini.com - Semarang - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) menargetkan suara 78 persen hingga 82 persen di Jawa Tengah pada Pilpres 2019 nanti. Menurut Jokowi Jawa Tengah merupakan penyumbang suara paling banyak.

Jokowi menyampaikan target tersebut dalam pelantikan dan konsolidasi Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin di kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Jalan Brigjen Sudiarto Semarang.

Di hadapan tim kampanye dari partai koalisi dan pendukung yang hadir, Jokori menyebut target itu didapat dari kalkulasi dan hitungan berdasarkan tren.

"Di Jawa Tengah ini kita harapkan antara 78 persen sampai 82 persen. Ini dari kalkulasi dan hitung-hitungan yang didapatkan dari sebuah tren," kata Jokowi, Sabtu (20/10/2018).

Dalam tren tersebut, lanjut Jokowi, Jawa Tengah merupakan daerah yang posisinya terus meningkat tajam. Tren yang dimaksud yaitu dari elektabilitas partai dan calon.


"Posisi Jawa Tengah merupakan posisi yang trennya meningkat," tutur Capres nomor urut 01 itu.

Ia pun berpesan kepada TKD Jateng agar menjaga tren tersebut dan bisa menaikkannya. Jokowi dengan tegas memerintahkan agar jangan sampai ada penurunan tren.

"Naik lambat enggak apa-apa, tapi jangan sampai turun sedikitpun," tegasnya.

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyebut Jateng sebagai lumbung suara yang banyak berkontribusi ketika beberapa daerah justru mengalami penurunan tren.

"Di Sumatera kita agak turun, di Jawa Timur menurun sedikit, jadi kita lihat satu persatu provinsi. Kita lihat yang paling banyak berkontribusi dari Jawa Tengah," pungkasnya. (b/ma)