Pidato Perpisahan di Bank Dunia, Menkeu Bilang Cinta Indonesia

By Admin

nusakini.com--Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pidato perpisahannya sebagai Direktur Operasional Bank Dunia, sebuah jabatan yang telah diembannya sejak 2010. Acara perpisahan ini berlangsung di Atrium James D. Wolfensohn, Kantor Pusat Grup Bank Dunia di Washington D.C. Amerika Serikat pada Selasa (4/10) waktu setempat  dalam rangkaian acara World Bank-IMF Annual Meetings 2016. 

Menkeu mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada keluarga besar Bank Dunia yang selama ini telah mendukung pelaksanaan tugas dirinya sebagai Direktur Operasional. Pada kesempatan itu, ia menceritakan keterkejutan keluarga besarnya saat enam tahun lalu dia memutuskan berhenti sebagai Menkeu, dan memilih posisi di Bank Dunia. Saat itu, kepada keluarga besarnya, Ia berjanji akan kembali mengabdi di Indonesia. 

Tengah tahun ini, saat diminta Presiden Joko Widodo untuk kembali, menurutnya, ini merupakan saat yang tepat bagi dirinya untuk menepati janji kembali ke Indonesia. Ini menjadi momen untuk memberikan yang terbaik dan menempatkan kepentingan tanah airnya sebagai yang utama. “Saya sangat mencintai Indonesia, dan tidak punya pilihan lain, saya harus kembali,” katanya. 

Dalam acara perpisahan tersebut, sejumlah pejabat Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) hadir, antara lain Managing Director IMF Christine Lagarde, mantan Presiden Bank Dunia Robert Zoellick, dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. Presiden Kim juga menyampaikan pidato tentang kesan terhadap Menkeu Sri Mulyani. Ia mengatakan bahwa Sri Mulyani merupakan bintang besar di Indonesia. Ia dinilai sangat kompeten dan merupakan sosok yang mampu memprediksi kondisi ekonomi di Indonesia di masa mendatang. (p/ab)