Petrokimia Gresik Serahkan Beasiswa Full Cover Total Senilai Rp 1,6 Miliar

By Admin


nusakini.com - Gresik - PT Petrokimia Gresik (PG) melalui program Beasiswa Petro (Bestro) kembali memberikan beasiswa full cover kepada 9 mahasiswa S1 dan 25 siswa SMA/sederajat asal Kabupaten Gresik. Penerima Bestro adalah mahasiswa dan pelajar yang secara ekonomi kurang mampu namun berprestasi.

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa Bestro merupakan program dukungan PG terhadap pemerintah daerah dalam memajukan sektor pendidikan. Selain itu, Bestro juga merupakan bentuk keinginan perusahaan untuk bisa maju, tumbuh, dan berkembang bersama warga sekitar perusahaan.

“Pada prinsipnya kami ingin agar warga sekitar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang bersama Petrokimia Gresik,” ujar Nugroho usai penandatanganan perjanjian beasiswa di Gresik, Jumat (21/9/2018) lalu.

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan bahwa proses seleksi Bestro dimulai dari sosialisasi di seluruh SMA dan SMP/MTs di Kecamatan Gresik, Manyar, dan Kebomas pada Agustus 2018. Berdasarkan hasil survei dan evaluasi terhadap proposal dari sekolah, PG menetapkan 9 mahasiswa S1 dan 25 pelajar SMA sebagai penerima Bestro.

Kesembilan mahasiswa tersebut saat ini telah diterima di dua perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) sebanyak 5 orang dan Universitas Brawijaya (Unibraw) sebanyak 4 orang. Sedangkan 25 pelajar SMA Bestro kini tersebar di sejumlah SMA favorit di Kabupaten Gresik.

Dalam perjanjian ini, Bestro S1 akan diberikan dalam waktu maksimal 4 tahun, terhitung sejak 1 Juli 2018 s.d 30 Juni 2022 total senilai Rp 926,8 juta. Sedangkan Bestro SMA diberikan dalam waktu maksimal 3 tahun, terhitung sejak 1 Juli 2018 s.d 30 Juni 2021 total senilai Rp 675 juta. Dengan demikian, total Bestro yang akan disalurkan pada tahun 2018 mencapai Rp1,6 miliar

Mahasiswa dan siswa SMA penerima beasiswa pada hari ini masing-masing merupakan angkatan ke-6 dan ke-5 Bestro, terhitung sejak Bestro pertamakali diluncurkan pada tahun 2012. Adapun total penerima Bestro sampai dengan tahun 2018 mencapai 95 mahasiswa S1 dan 172 siswa SMA, MTs, dan SMP, dengan total penyaluran mencapai Rp16,16 miliar.

“Kami berharap bantuan ini dapat memotivasi pelajar dan mahasiswa penerima Bestro untuk mewujudkan cita-cita dan meningkatkan taraf kehidupan diri dan keluarganya,” tutup Nugroho. (p/mk)