Petani Bali Hari ini Panen Lebih dari 100 Hektar

By Admin


nusakini.com - Semenjak adanya isu pemerintah akan mengimpor beras, seakan membuat jengah petani di Bali. Hari kemarin panen di Bali seluas 88,16 hektar, hari Rabu ini 10 Januari 2018, panen di Bali seluas 112 hektar dari potensi yang siap panen seluas 307 hektar.

Kepala BPTP Balitbangtan Bali I Made Rai Yasa mengatakan bahwa semangat petani di Bali untuk mencapai swasembada pangan tidak pernah pudar. Petani di Bali ingin menunjukkan bahwa kita bisa berswasembada dan tidak perlu mengimport beras”. ujarnya menambahkan. 

Dari luasan 112 hektar yang dipanen hari ini, tersebar di enam subak pada tiga kabupaten dan satu subak di Kota Madya. Jadi di dalam kota Denpasar dan di daerah dekat obyek wisata Kuta pun ada panen hari ini.

Adapun lokasi-lokasi panen yang dimaksud adalah;

Kabupaten Badung panen ada di dua subak yaitu, 1). Subak Perancak, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara dari potensi seluas 14 ha dipanen seluas 4 hektar. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,9 ton/ha. 2). Subak Seminyak, Desa seminyak, Kecamatan Kuta, dari potensi yang siap panen 5 ha, hari ini dipanen seluas 5 hektar pula. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,5 ton/ha.  

Kabupaten Tabanan panen ada tiga subak yaitu: 1). Subak Jeran Dewa, Desa Lumbung, Kecamatan Selemadeg Barat. Dari potensi seluas 40 ha, dipanen seluas 30 hektar. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 6,01 ton/ha. 2). Subak Sangkil, Desa Beringkit Belayu, Kecamatan Marga. Dari potensi panen 80 ha, hari ini dipanen 4 ha. Varietas yang dipanen adalah “Pak Tiwi” dengan produktivitas 6,65 ton/ha. 3). Subak Gubug II, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan. Dari luas potensi panen 73 hektar hari ini dipanen seluas 2 hektar. Varietas yang dipanen Cigeulis dengan produktivitas 7,86 ton/ha. 

Kabupaten Klungkung panen di Subak Pegatepan, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung. Dari potensi panen seluas 86 ha hari ini dipanen seluas 59 ha. Varietas yang dipanen Ciherang dengan produktivitas 7,6 ton/ha. 

Kota Denpasar panen di Subak Poh manis, Desa Penatih Dangin, Kecamatan Denpasar Timur. Dari potensi panen 9 ha, seluruhnya dipanen hari ini. Ada tiga varietas yang dipanen yaitu Cigelis, Ciherang,dan Situbagendit. Produktivitas rata-rata untuk ketiga varietas tersebut dilaporkan 7,2 ton/ha. (pr/eg)