Pesona Unity in Diversity Indonesia pada Alabama Asian Culture & Food Festival

By Admin

nusakini.com--Indonesia telah membawa pesona unity in diversity pada Alabama Cultures and Food Festival di Birmingham, Alabama dan dikunjungi sekitar 1.000 orang yang memadati Zamora Shrine Temple. Indonesia menampilkan berbagai kesenian nusantara oleh kelompok kesenian Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah seperti Houston (Texas), Birmingham (Alabama) dan Atlanta, (Georgia). Festival juga dihadiri oleh perwakilan dari negara Asia seperti Nepal, Filipina, China, Korea Selatan, India, Vietnam dan Jepang. 

Dengan kerja sama yang baik dengan Alabama Asian Cultures Foundation, Konjen RI, Dr. Nana Yuliana membuka secara resmi festival ini. Dalam sambutannya, Konjen RI menyampaikan pentingnya cultural exchange dalam meningkatkan people connectivity dan mutual understanding antar negara. Ke depannya hal ini menjadi manifestasi bagi perdamaian dunia dan menciptakan menciptakan pemimpin dengan visi global. 

Penampilan Indonesia pertama yaitu oleh Sanggar Lestari Indonesia dari Atlanta, Georgia di bawah naungan Indonesian Community Heritage Foundation, suatu organisasi non-profit yang berdiri sejak tahun 1998. Selanjutnya kelompok tari Bali Shiki dari Birmingham, Alabama menampilkan Tari Puspawresti (Bali). Tak kalah jauhnya, kelompok kesenian dari Seni Kerawitan KJRI Houston/Sekar Keraton telah menampilkan kesenian gamelan Jawa. Mereka telah berlatih dan menempuh perjalanan darat yang cukup jauh (sekitar 12 jam dari Houston dan 3 jam dari Atlanta) untuk mempromosikan kesenian Indonesia sebagai bukti kecintaannya kepada Indonesia. 

Indonesia juga membuka booth pariwisata dengan membagikan brosur 10 destinasi wisata Indonesia dan souvenir Indonesia. Selain itu pengunjung berkesempatan untuk melihat indahnya Indonesia melalui media virtual video wonderful Indonesia​ dan diharapkan pengunjung dapat mengisi survey Indonesia. Pengunjung terkesan dengan Indonesia, terutama anak-anak dengan melihat video virtual dimaksud sehingga mendorong mereka untuk berkunjung ke Indonesia. Masyarakat Indonesia juga menjual kuliner nusantara seperti rendang, nasi goreng, mie goreng dan sate yang digemari para pengunjung dan laris terjual. 

Di Alabama, Konjen RI juga berkesempatan bertemu dengan WNI dan diáspora Indonesia yang memiliki usaha restoran yang berkontribusi dalam diplomasi ekonomi Indonesia di Amerika Serikat. Terdapat 3 restoran Indonesia di Birmingham, Alabama yaitu Nori, Takoyaki dan Shiki dengan mengemas masakan Asia seperti Thailand dan Jepang selain masakan Indonesia. Konjen RI menyampaikan senantiasa mendukung diaspora Indonesia dalam mempromosikan Indonesia baik seni dan budaya maupun ekonomi Indonesia. Konjen RI juga menyampaikan agar masyarakat Indonesia saling mengingatkan terkait isu perpanjangan paspor dan mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019 agar berjalan dengan lancar dan damai.(p/ab)