Peserta Borobudur Marathon 2019 Akan Diundi

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang – Ada kabar gembira untuk para pelari. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar ajang lari terbesar di Indonesia yakni Borobudur Marathon 2019 pada 17 November mendatang. 

Panitia pelaksana Borobudur Marathon 2019 Lukminto Wibowo menjelaskan, pendaftaran peserta dibuka secara online pada Juni 2019. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini panitia akan menentukan peserta dengan sistem undian. 

“Tahun ini kami akan menerapkan sistem undian kepada peserta. Jadi silahkan mendaftar melalui online, dan nantinya seluruh pendaftar akan kami ambil 10.000 peserta dengan cara diundi,” paparnya, saat audiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Ruang Kerja Gubernur, Selasa (2/4/). 

Menurut Lukminto, penerapan sistem undian bagi peserta, merupakan cara paling adil untuk menampung antusiasme masyarakat mengikuti ajang yang pada 2018 lalu meraih penghargaan Best Marathon of The Year Sebab pada perhelatan sebelumnya, banyak orang yang mengeluh karena tidak kebagian tiket. 

“Di ajang lomba lari internasional juga menerapkan sistem undian. Jadi menurut kami, ini cara paling adil untuk menampung antusiasme peserta,” ujarnya. 

Lukminto menerangkan, dari hasil evaluasi Borobudur Marathon 2018 lalu, kepesertaan pelari dari luar Jateng dan mancanegara semakin meningkat dari tahun sebelumnya. Hal itu tentu berdampak pada sektor lain seperti ekonomi, pariwisata dan sebagainya. 

“Pada 2018 lalu, kepesertaan pelari dari luar Jawa Tengah sebanyak 81 persen dan pelari asing tiga persen. Tahun ini, kami akan tingkatkan dengan target 12 persen peserta dari asing,” ucapnya. 

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, gelaran Borobudur Marathon yang rutin digelar tiap tahun sejak 2016 lalu terus mengalami peningkatan kualitas. Tak hanya pelaksanaan lomba, namun efek dari acara itu juga semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

“Ekonomi tumbuh, hotel-hotel dan homestay penuh, kerajinan dan produk-produk UMKM di Magelang dan sekitarnya laku keras. Inilah sebenarnya konsep yang kami inginkan,” kata gubernur. 

Dia mengatakan, Borobudur Marathon merupakan event yang paling dinanti semua masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh agar event tahunan tersebut semakin baik dan menjadi ajang lomba marathon tingkat internasional. 

“Kami juga sudah berencana membuatkan rute khusus untuk event ini agar bertaraf internasional. Nantinya, dalam gelaran tahun-tahun berikutnya kami berharap pembangunan infrastruktur seperti jalan, penginapan dan fasilitas lain dapat segera selesai,” paparnya. 

Ganjar juga meminta panitia untuk getol menyosialisasikan event tersebut, baik di tingkat nasional maupun internasional. Sehingga, event itu semakin mendunia dan bisa menyaingi Boston Marathon, Tokyo Marathon dan lainnya.(p/ab)