Pertumbuhan Lapangan Usaha Perikanan Terus Meningkat

By Admin


nusakini.com - Di tengah pelambatan ekonomi yang terjadi pada hampir seluruh lapangan usaha (LU), Sub perikanan terus tumbuh hingga diatas 8 persen pada tahun 2015.

Dalam Laporan Perekonomian Indonesia 2015 yang dirilis Bank Indonesia, Kamis (28/4/2016), Sub perikanan membaik sejalan dengan meningkatnya hasil tangkapan ikan dan produksi ikan budidaya. Hal ini tak lepas dari implikasi kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memberantas Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing melaui Permen KP Nomor 56 dan 57 tahun 2014. 

Kedua permen itu diterbitkan KKP untuk me-reformasi tata kelola kelautan dan perikanan nasional yang selama ini tidak berpihak kepada kepentingan nelayan nasional. Selain itu, juga untuk menegakkan kedaulatan maritim. 

Permen 56 mengatur tentang Penghentian Sementara (Moratorium) Perizinanan Usaha Penangkapan Ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) Indonesia, dimana kapal eks asing dihentikan izin penangkapannnya untuk selanjutnya dilakukan analisis dan evaluasi oleh pemerintah. 

Sedangkan produksi perikanan budidaya juga terus digenjot melalui beberapa kebijakan strategis diantaranya melalui bantuan benih ikan, program pakan mandiri, bantuan escavator untuk ekstensifikasi tambak, dan program strategis lainnya.(if/mk)