Pertamina Lubricants Siap Akuisisi Perusahaan Pelumas di Tiongkok

By Admin


nusakini.com - Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants Andria Nusa, di Jakarta, Minggu (12/6/2016) mengungkapkan PT Pertamina Lubricants menjadikan pasar luar negeri sebagai target utama pengembangan bisnis. Anak perusahaan PT Pertamina ini menggencarkan menargetkan bisa masuk 15 besar perusahaan pelumas kelas dunia pada 2020 dengan cara yang luar biasa (unorganik).

“Kami tidak bisa lagi hanya mengandalkan dengan cara organik. Untuk menuju minimal 15 besar dunia harus dilakukan dengan cara unorganik,” kata Andria. 

Bila hanya melakukan pola dan strategi organik seperti yang selama ini dilakukan, pertumbuhan penjualan tidak besar, sekitar 2-3 persen saja. Karena itu, dia menekankan, pada strategi unorganik di antaranya melalui akuisisi perusahaan dan juga joint venture. 

Strategi tersebut seperti yang dilakukan dengan mengakuisisi dan menjadi pemegang saham mayoritas Amaco Production Co Ltd, perusahaan pelumas asal Thailand pada Desember 2014. 

Pertamina Lubricants sedang bersiap untuk joint venture dan mengakuisisi perusahaan pelumas di Tiongkok. 

“Memang kami masih belum buka ke publik secara lebih rinci, tetapi kami sedang bersiap untuk mengakuisisi perusahaan pelumas di Tiongkok. Kami targetkan pada 2018 atau 2019,” Ungkap Andria.(if/mk)