Pertamina Goes To Campus 2019, Cara Pertamina Bekali Mahasiswa Sulsel Sambut Revolusi Industri 4.0

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Mengutip Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri bulan November 2018 lalu bahwa, International Labour Organization (ILO) memprediksi sekitar 56 persen masyarakat di seluruh dunia akan kehilangan beberapa jenis pekerjaan karena teknologi.

Hal ini tidak terlepas dari tantangan baru di era revolusi industri 4.0, yang mempunyai ciri otomasi dan ekonomi digital, era disrupsi teknologi, berbasis Cyber Physical System dan robot artificial Intelegency (AI).

Menghadapi dinamika yang terjadi saat ini, Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi bekerja sama dengan Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (DAPK Unhas) dalam rangka mempersiapkan Mahasiswa/i di Sulawesi Selatan menyambut era revolusi industry 4.0.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin, Arsunan Arsin dalam pembukaannya menjelaskan, kegiatan ini diharapkan dapat menjembatani sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki resource sumber daya professional. “Civitas akademika juga harus paham peran strategis BUMN tentang kondisi perekonomian nasional” tambahnya.

Perguruan tinggi dihadapkan pada situasi yang selalu mengikuti perkembangan trend revolusi 4.0 dan menyesuaikan dengan tantangan dunia saat ini. Oleh karena itu, peran sebuah perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang mampu memiliki daya saing tinggi.

Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian dan peran strategis BUMN dalam pembangunan nasional.

Pjs. General Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Isfahani menerangkan bahwa antusiasme mahasiswa dalam program ini sangat tinggi. tercatat sebanyak 1.500 pendaftar dari berbagai Universitas di Sulawesi Selatan.

“Selain sosialisasi product knowledge Pertamina, kita juga mempersiapkan Mahasiswa untuk menyambut Revolusi Industri 4.0 melalui program sharing session karir dan rekrutmen oleh Human Capital Pertamina serta Sosialisasi Program Kemitraan untuk Youngpreneur oleh HIPMI didukung fungsi CSR Pertamina” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini Pertamina berharap peserta yang terdiri dari Mahasiswa/i di Sulsel, mendapatkan pemahaman terkait Pertamina secara komprehensif, bangga untuk ‘Move On’ menggunakan BBM dan LPG Non Subsidi, dan menginspirasi Mahasiswa untuk menjadi calon-calon ecopreneur dan sociopreneur di usia muda yang siap menyambut era revolusi industri 4.0.(R/Rajendra )