Pertamina Gelar Aksi Sosial di Manokwari

By Admin

nusakini.com-- PT Pertamina (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi penyelenggara Program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun 2016 di wilayah Papua Barat. Pada Program BUMN Hadir Untuk Negeri tahun ini, Pertamina menyelenggarakan serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial, diantaranya bedah rumah veteran, penyediaan sarana air bersih di dua lokasi di Manokwari, dan coaching clinic untuk guru-guru olahraga dan pelatih sepak bola lokal yang ada di Papua Barat. Program BUMN Hadir Untuk Negeri dilaksanakan sejalan dengan semangat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 71. 

  “Indonesia Timur merupakan salah satu target utama CSR Pertamina. Dalam rangka program BUMN Hadir Untuk Negeri kali ini, salah satu yang dilakukan Pertamina adalah membantu para veteran perang di Manokwari, Fak-fak, dan Sorong untuk memiliki tempat tinggal yang layak,” ujar Wianda Pusponegoro, VP Corporate Communications PT. Pertamina (Persero). 

  Sebagai salah satu BUMN yang memiliki komitmen untuk melakukan penyediaan sarana air bersih di Indonesia, Pertamina memberikan bantuan dengan membangun sarana dan prasarana pengaliran, penampungan, dan pengolahan air bersih. Bersamaan dengan pemberian bantuan, Pertamina juga memberikan pendidikan dan pelatihan mengenai lingkungan kepada masyarakat sekitar. 

  Disamping itu, untuk memajukan kualitas dan keahlian guru-guru olahraga dan pelatih sepak bola lokal di Manokwari, Pertamina bersama Pertamina Soccer School menyelenggarakan coaching clinic yang diselenggarakan di Lapangan Korem Manokwari. Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari, pada tanggal 15-16 Agustus 2016. 

“Rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial ini sebagai wujud komitmen Pertamina yang ingin terus hadir di tengah masyarakat Indonesia. Kami berharap berbagai program yang telah kami selenggarakan, serta berbagai bsantuan yang kami salurkan melalui rangkaian kegiatan di Manokwari ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih ini,” tambah Wianda. 

 Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) dan PNM (Permodalan Nasional Madani) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi penyelenggara Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2016 (SMN 2016) wilayah Papua Barat. Pada Program Siswa Mengenal Nusantara tahun ini, Pertamina mengirimkan 20 siswa/siswi SMA/SMK/SLB kelas XI yang dipilih secara proporsional dari setiap Kabupaten di Propinsi Papua Barat, dengan didampingi oleh satu orang dari Diknas Provinsi dan dua orang guru teladan ke Provinsi Sumatera Barat untuk mengemban misi kebangsaan dan kebudayaan. 

  PT Pertamina (Persero) juga telah menggelar pesta rakyat dan menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat di Lapangan Borasi, Manokwari. Dalam pesta rakyat ini, Pertamina menggelar berbagai lomba, diantaranya lomba mewarnai untuk anak-anak dan perlombaan khas perayaan 17 Agustus. Rangkaian pesta rakyat juga diikuti dengan program pasar murah yang menyediakan 2.000 paket sembako senilai sekitar Rp 200.000,- per paket dan dijual seharga Rp 25.000,- per paket. (p/ab)