Pertamina Bantu Kembangkan Industri Makanan Khas Aceh

By Admin

nusakini.com--Pertamina melalui program CSR dan SMEPP memberikan bantuan kepada mitra binaan untuk mengembangkan potensi di berbagai sektor. Sebanyak 1.818 mitra binaan telah dibantu oleh program kemitraan Pertamina di proinsi Aceh dengan total nilai yang disalurkan Rp 29,903,950,000 periode tahun 1993-2016. 

  Salah satunya adalah Usaha Blang Rakal, yang berada di Jln. Teuku M. Daudsyah No. 118 Banda Aceh sejak 16 tahun yang lalu telah menerima bantuan pinjaman dengan nilai 30 juta pada tahap 1 untuk mengembangkan usaha makanan dendeng sapi yang sangat khas di Aceh. Setelah usahanya berhasil, Pertamina membantu tahap kedua senilai Rp.50 juta pada tahun 2004 silam 

  Pengembangan usaha berhasil dengan memasarkan produk hingga ke Medan dan Jakarta. Didukung dengan 16 pekerja saat ini Blang Rakal telah mengembangkan jenis usaha, dengan menambah variasi produk menu Bakso Sapi, Daging asin, Kopi arabica, Kopi Robusta dan Emping melinjo. 

  Ir. Zunnizam Umar, pemilik usaha Blang Rakal telah mengikuti pelatihan mitra unggulan yang diadakan di Jakarta, bulan Juni lalu serta mengisi stand Pameran Jaringan Kota Pusaka Aceh pada Mei 2016. Selanjutnya Ir Zunnizam Umar akan mengembangkan inovasi lainnya yaitu bumbu masak. (p/ab)