Pertama Kalinya, Mata Uang Rupiah Diluncurkan Serentak

By Admin

nusakini.com-- Pagi tadi, Presiden Joko Widodo baru saja meluncurkan Uang Rupiah Desain Baru Tahun Emisi 2016. Menurut Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, momen peluncuran uang ini sangat istimewa karena merupakan hal yang baru pertama kali dilakukan sejak Indonesia merdeka. 

“Pengeluaran dan pengedaran uang baru ini adalah momen spesial karena merupakan pertama kalinya dilakukan secara serentak sejak Indonesia merdeka. Dengan diterbitkannya uang Rupiah Tahun Emisi 2016, uang Rupiah kertas dan uang rupiah logam yang telah dikeluarkan dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia,” jelasnya saat memberikan sambutannya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta pada Senin (19/12). 

Sebagai informasi, sesuai UU nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, uang Rupiah adalah alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seluruh wilayah Republik Indonesia. Oleh karena itu, menurutnya, desain baru ini memberi makna dukungan untuk dapat menciptakan mata uang yang bermartabat dan berdaulat di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (p/ab)