Persipura Tekuk Madura United 2-0 di Stadion Mandala

By Admin

nusakini.com-- Persipura Jayapura menekuk Madura United 2-0 pada pekan ke-30 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 di Stadion Mandala, Sabtu (26/11). Hasil ini mengantar klub asal Papua itu bertengger di peringkat dua klasemen sementara.

Gol Persipura dicetak Ricardo Silva De Almeida pada menit 22 melalui penalti, setelah pelanggaran yang dilakukan Gilang Ginarsa. Gol kedua diberikan Edward Wilson Junior pada menit 72. MU sebenarnya menciptakan banyak peluang, namun kurang baik dalam penyelesaian akhir.

Persipura unggul lewat titik putih di menit 23, setelah pelanggaran yang dilakukan Gilang Ginarsa terhadap Ricardo Silva De Almeida di menit 22. Para pemain MU sempat mengajukan protes saat wasit menunjuk titik putih. Mereka menganggap Ricardo sengaja menjatuhkan diri.

Melihat rekaman ulang, wasit tidak salah membuat keputusan. Ricardo memang seperti sengaja menjatuhkan diri, namun Gilang juga jelas melakukan pelanggaran. Ricardo Salampessy melakukan blunder pada menit 31, yang membuat bola bisa dikuasai MU di wilayah pertahanan Persipura.

Sayangnya, peluang bagus tidak bisa dikonversi jadi gol penyeimbang. Di menit 38 Persipura sangat beruntung. Yoo Jae Hoon yang jelas harus berterimakasih pada tiang gawangnya, karena menggagalkan sundulan Patrich Wanggai.

Jae Hoon meninggalkan gawangnya, bahkan keluar dari kotak penalti, untuk menghadang Elthon Maran yang menerima bola terobosan di sayap kanan. Tapi, Maran bisa melepaskan umpan silang ke tengah, di mana Wanggai berdiri bebas di belakang dua bek Persipura.

Gawang sudah kosong, dan Wanggai yang ada persis di tengah dua tiang gawang, tinggal sedikit menyentuh bola saja. Sayangnya, sundulan dia dari jarak sekitar dua meter terlalu ke kiri, sehingga mengenai tiang gawang.

Ketinggalan satu gol memang membuat MU tersengat, dan bermain sangat agresif. Berkali-kali penetrasi mereka menghadirkan ancaman serius bagi gawang Persipura, tapi gol tidak bisa mereka dapatkan hingga babak pertama berakhir.

MU yang dalam posisi tertinggal, memulai babak kedua dengan tekanan tinggi. Mereka terus berusaha mencari gol penyeimbang, karena wajib menang untuk bisa tetap berada di jalur persaingan gelar juara. Mereka bisa menguasai lapangan tengah, karena Persipura tampak sudah puas dengan keunggulan satu gol.

Persipura hanya mengandalkan serangan balik, dan hampir menggandakan keunggulan di menit 49, ketika Osvaldo Ardiles Haay bisa lepas dari pengawalan, untuk menerima umpan terobosan dari lapangan tengah. Wasit menganulir golnya, karena bola menyentuh lengan saat Osvaldo berusaha menerima bola dengan dadanya.

Menit 61, MU kembali dapat melakukan terobosan yang bagus. Erick Weeks Lewis di sayap kanan bisa kembali memaksa Yoo Jae Hoon keluar dari gawangnya, seperti terjadi pada babak pertama. Weeks memberikan umpan silang ke tengah.

Sayangnya, terlalu jauh untuk dijangkau Elton Maran, yang sebenarnya ada di posisi bagus depan gawang. Menit 70, Fabiano Beltrame memenangkan pertarungan udara, untuk menyundul bola ke pojok kanan gawang. Namun, Jae Hoon masih bisa melakukan penyelamatan.

Osvaldo Haay mendapat ruang melalui serangan balik 30 detik kemudian. Jae Hoon berusaha menepis, tapi bola tetap meluncur deras ke belakang, dan beruntung membentur mistar gawang. Upaya berikutnya yang kemudian berakhir gol pada menit 72.

Bek MU bisa menghalau tendangan Haay dari dalam kotak penalti yang terlalu lemah. Namun, bola mengarah pada Edward Wilson Junior, yang bisa menyontek bola masuk ke dalam gawang. Persipura menambah keunggulan jadi 2-0. Tidak ada lagi gol tercipta hingga pertandingan berakhir. (v/ab)