nusakini.com--Klub asal Papua, Persigubin Gunung Bintang optimistis minimal bisa menembus 18 Besar Indonesian Soccer Champioship (ISC) B 2016. Di ajang ini, skuat Armand Mial ini tergabung di Grup 8 yang juga dihuni Persiboul Boul, Persigo Gorontalo, Celebes FC, Kalteng Putra dan Yahukimo FC. 

Berbeda dengan tujuh grup lainnya, Grup 8 memakai sistem home tournament dengan dua putaran.Putaran pertama Grup 8 bakal berlangsung di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, 22 Juli-7 Agustus. Sementara, di putaran kedua, giliran Stadion Gawalise Palu jadi lokasi pertandingan pada 19 Agustus-14 September.

"Kekuatan klub peserta di Grup 8 terbilang merata. Untuk persiapan kami sengaja mengadakan pemusatan latihan dan berujicoba tim asal Makassar karena mayoritas klub pesaing kami di Grup 8 memakai jasa pemain dari daerah ini," ujar Armand pada jumpa media di Makassar, Kamis (14/7) siang.

Disisi lain, manejer tim Persigubin, Yulianus menegaskan manajemen siap mendukung tim untuk mewujudkan target di ISC B. "Materi pemain Persigubin memang murni mengandalkan pemain asli daerah dan 60 persen dari 28 pemain baru pertama kali bertanding di level nasional. Karena itu, manajemen menyiapkan kiat khusus untuk memompa motivasi dan kepercayaan diri tim< papar Yulianus.

Di Makassar, selain berujicoba dengan Bank Sulselbar Selasa (12/7), Persigubin juga menghadapi PSM U-21 di Lapangan Karebosi, Kamis (14/7) dan Makassar United di Lapangan Kodam, Jumat (15/7). "Kami memang sengaja memperbanyak ujicoba untuk meningkatkan kerjasama tim," kata Armand. Usai pemusatan latihan di Makassar, Persigubin bertolak ke Palangkaraya, Minggu (17/7).