Permen PUPR Tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum Telah Terbit

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mensosialisasikan sejumlah pedoman dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sejumlah Inovasi teknologi guna menunjang penyelenggaran infrastruktur bidang PUPR untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah Timur Indonesia.  Sekretaris Balitbang PUPR, Bernaldy menyatakan salah satu pedoman yang sedang gencar disosialisasikan adalah Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2016 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

“Salah satunya yang lagi ngetren adalah Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang telah diatur dalam Permen PUPR Nomor 28 tahun 2016 yang dimasukan sebagai acuan dalam perhitungan pembangunan pemerintah, pengadaan barang dan jasa pemerintah, pengadaan bahan konstruksi dan bangunan, dan biaya jasa perawatan konstruksi baik itu kontraktor maupun konsultan” kata Bernaldy  saat membuka rangkaian kegiatan sosialisasi terpadu penyelenggaraan infrastruktur PUPR TOT Pedoman Analisias Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umum, Sorong (27/9).

Analisa harga satuan pekerjaan tersebut merupakan perhitungan kebutuhan biaya tenaga kerja, bahan dan peralatan untuk mendapatkan harga satuan atau satu jenis pekerjaan di bidang pekerjaan umum. Pedoman ini menjadi acuan dalam menghitung biaya pembangunan sebagai kelengkapan proses pekerjaan konstruksi. Juga digunakan sebagai dasar menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Harga Perkiraan Perencana (HPP).

Ditambahkannya Balitbang mempunyai tugas untuk mengukur mutu, layanan advis teknis, serta menawarkan kebijakan-kebijakan yang ada di Kementerian PUPR dalam  merespon isu-isu strategis nasional Kementerian PUPR. Untuk itu menurut Bernaldy, Balitbang  berkewajiban untuk menyampaikan kebijakan dan teknologi kepada seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan infrastruktur PUPR.“Untuk target sasaran peserta kegiatan ini adalah seluruh provinsi di wilayah timur seperti pulau Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku utara,” ujarnya

Acara ini dihadiri oleh 150 orang yang terdiri dari wakil pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten dan Kota, pelaku perumahan, pengamat, perguruan tinggi dan jasa konstruksi. Rangkaian kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Balitbang, Bernaldy dan juga dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Omesimus Assem, Kepala Dinas PU Kota Sorong J. Sinaga, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat Ehoy Koyari, Kepala BWS Papua Merauke Nimbo Rumaropen, Kepala BWS Papua Happy Mulya dan Kepala Pusat Litbang (Puslitbang) Sumber Daya Air Willian M. Putuhena.(p/ab)