Perlunya Sinergi Produk Inovasi Riset dengan Dunia Industri

By Admin


Nusakini.com – JAKARTA - Hasil riset dan inovasi yang dibuat oleh para peneliti bila dijembatani dunia industri akan mampu memacu bergeraknya perekonomian Indonesia. Hal ini dikatakan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir terkait perlunya sinergi yang kuat antara dunia penelitian dengan dunia industri.

"Inovasi adalah kuncinya karena jika dikolaborasikan dengan industri akan menggerakkan ekonomi, juga akan ada pabrik baru dan menyerap tenaga kerja baru," kata Menristekdikti, Rabu (9/3/2016). 

Menurut Nasir Kemenristekdikti melalui Dirjen Riset dan Pengembangan akan melakukan koordinasi kepada seluruh industri yang telah berkontribusi dalam riset di Indonesia, dengan melakukan pemetaan sasaran kerja sama pada tiga pihak, yakni pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), dan perusahaan swasta atau industri swasta.

“Pemetaan dunia industri menjadi penting agar hasil riset inovasi para peneliti lebih berdampak langsung dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas”, katanya.

Di samping itu, kerja sama dengan peneliti luar negeri juga dapat mendorong tumbuh hasil inovasi riset yang berbasis industri, salah satunya Kemenristekdikti sudah melakukan penandatanganan dengan beberapa negara, antara lain Inggris, Prancis, dan Republik Cheko. (mk)