Perlunya Konservasi Kota Tua di Makassar

By Admin



nusakini.com - Sebuah kota selalu hadir dalam sebuah rangkaian panjang yang menghubungkannya dengan masa lalu. Dengan begitu sejarah kota tidak akan terputus dan senantiasa terjalin dalam dinamika kehidupan masyarakatnya. Demikian pula dengan keberadaan kawasan kota tua (bangunan tua) yang ada di Kota Makassar.


Berbagai penelitian pernah dilakukan dalam kaitan perlunya konservasi kawasan kota tua di Makassar. Salah satunya pernah dilakukan oleh  peneliti Universitas Hasanuddin, Bambang Heryanto dkk. Dalam penelitian ini,  ditekankan pada bagaimana tata kelola (management) dalam konservasi kota tua Makassar. Hasil penelitiannya berupa konsep dan panduan rancangan memberikan catatan penting bahwa bangunan kolonial seperti Benteng Rotterdam, rumah jabatan wali kota dan beberapa bangunan lainnya, memberikan makna historis yang sangat kuat.


Dengan demikian, dalam penataannya titik tekan yang dimunculkan hendaknya berupa  pembentukan skylinekawasan dan jalur pedestrian mall yang menghubungkan Benteng Rotterdam dengan kawasan pertokoan Somba Opu dan Pantai Losari.(mk)