Peringatan Hari Jadi PE ke-72, Jonan: Semoga Semangat Membangun Sektor ESDM Menjadi Lebih Baik

By Admin

nusakini.com--Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis (28/9) memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi (PE) ke-72. Puncak peringatan yang diselenggarakan di Kementerian ESDM ini diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. 

Puncak peringatan Hari Jadi PE ke-72 ini dihadiri pula oleh Menteri dan Wakil Menteri ESDM sebelumnya, yakni Prof. Dr. Subroto, Purnomo Yusgiantoro, Darwin Zahedy Saleh, Sudirman Said, serta Susilo Siswoutomo. 

Menteri Jonan menyampaikan harapan bagi sektor ESDM di tengah momen berkumpulnya para Menteri dan Wakil Menteri ESDM sebelumnya, pegawai dan stakeholders, serta tak lupa mengucapkan selamat untuk hari jadi PE ke-72. 

"Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada Kementerian ESDM. Mudah-mudahan kalau setiap tahun acara dilaksanakan secara proporsional seperti ini, semangat untuk bersatu membangun sektor ini menjadi lebih baik, " ujar Jonan. 

Acara potong tumpeng ini kemudian dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Jadi PE ke-72 yang diikuti oleh para pegawai Kementerian ESDM dan pemangku kepentingan sektor ESDM. 

Upacara Hari Jadi PE ke-72 ini menjadi puncak peringatan Pekan Pertambangan Energi yang telah dimulai sejak 11 September 2017. 

Saat upacara, Plt. Kepala Kepala Badan Geologi yang juga selaku Ketua Pelaksana Peringatan Hari Jadi PE Ke-72, Rida Mulyana, menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Pekan Pertambangan Energi antara lain INDOEBTKE Conex in conjunction with Bali Clean Energy Forum; penanaman pohon di Megamendung, Bogor, Jawa Barat; ziarah ke makam Arie F. Lasut di Yogyakarta; Temu Netizen dan Night at the Museum Geologi; Pertambangan & Energi Expo; Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto; puncak acara peringatan Hari Jadi Pertambangan; kegiatan kebersamaan; donor darah & sumbangan bagi keluarga tidak mampu; serta Pameran dan Seminar Hari Listrik Nasional. 

"Puncak peringatan Hari Jadi PE, dilaksanakan melalui upacara peringatan Hari Jadi PE pada hari ini, Kamis, 28 September 2017, di kantor Kementerian ESDM yang dilanjutkan dengan acara kebersamaan. Yakni merupakan penyerahan donasi, penyerahan penghargaan, pemotongan tumpeng, dan pemeriksaan kesehatan screening kanker serviks yang melibatkan Dharma Wanita Persatuan Kementerian ESDM dan juga penampilan finalis ESDM Mencari Bakat," urai Rida. 

"Acara Pekan Pertambangan dan Energi yang digelar dalam rangka Hari Jadi PE ke-72 ini tidak hanya melibatkan keluarga besar Kementerian ESDM, namun juga melibatkan para stakeholder dan para penggiat di sektor ESDM, termasuk jurnalis dan mahasiswa," jelas Rida. 

Penetapan tanggal 28 September sebagai Hari Jadi Pertambangan ditandai oleh dua peristiwa besar di tahun 1945, yakni pengambilalihan kantor Chusitsu Chosasho (Jawatan Geologi) dan kantor Jawa Denki Koza (Perusahaan Listrik Jawa) secara paksa oleh para pegawai muda di kantor-kantor tersebut. 

Sejak saat itu, kantor Chisitsu Chosasho berubah nama menjadi Pusat Jawatan Tambang dan Geologi, dan setelah mengalami beberapa kali perubahan nama, kini menjadi Kementerian ESDM.(p/ab)