Perguruan Tinggi Mesti Bersinergi dengan Dunia Usaha dan Pemerintah

By Admin

nusakini.com--Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Oleh karena itulah Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri, berbicara tentang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk kemandirian dan menjawab tantangan global di salah satu kampus ternama di Makassar.

Menaker Hanif saat menjadi keynote speech pada seminar dan symposium nasional di Universitas Hasanuddin, Kamis, (29/9), menuturkan, revolusi teknologi dan terobosan IT yang luar biasa membuat perubahan semakin cepat dan nyata.

"Dibutuhkan ide-ide cerdas untuk mengendalikan perubahan itu agar membawa manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat,” katanya.

Menteri yang mempunyai ciri selalu memakai gelang tangan itu mengungkapkan perguruan tinggi harus berorientasi kepada pendidikan vokasi. Dengan begitu lulusannya akan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Lebih lanjut, Menaker menerangkan, kaum itelektual bertanggungjawab berupaya semaksimal mungkin agar dampak buruk yang dikuatirkan tidak terjadi, dan kita harus bisa menjadi pemenang. Apalagi dengan melihat kondisi kualitas SDM saat ini, kita perlu extra upaya; komitmen, konsistensi dan kontinuitas dalam berupaya meningkatkan kualitas SDM, itu yang diperlukan negara saat ini.

"Perguruan tinggi harus bersinergi dengan dunia usaha dan pemerintah." Menaker .

Sebelumnya, saat tiba di Bandara Hasanuddin,  tanah Bugis itu, Menaker Hanif disambut dengan Tarian Tradisional Padu'pa Makassar. (p/ab)