Pereli Indonesia Juara dan Capai Target Garis Finish di Phnom Penh

By Admin

nusakini.com-- Untuk kedua kalinya, Indonesia kembali turut serta dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) untuk Kelas 2 Roda dan Kelas 4 Roda yang diselenggarakan di Thailand-Kamboja pada 12-18 Agustus 2018. Untuk Kelas 4 Roda, Pereli Indonesia yang tergabung dalam Tim JNE-Furukawa Battery terdiri dari Memen Harianto (Driver) dengan Lody Natasha dan Rimhalsyah sebagai Co Driver.

Mereka bertiga merupakan rangkaian yang berada dalam 1 kendaraan mobil Jeep Cherokee xj 4.000cc full modifikasi dengan Rudy Poa sebagai team manager. Sedangkan Kelas 2 Roda terdiri dari 2 pembalap asal Jember Ayu Windari dan Irma Ferdiana dengan Kadex Ramayadi sebagai pelatihnya.  

"Mari kita fasilitasi dan kita dukung Tim Pereli Indonesia agar lancar dan sukses," ujar Dubes RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng, yang mengajak masyarakat Indonesia untuk turut memberikan semangat kepada Tim Pereli di berbagai titik yang dilintasi di Kamboja. WNI di Siem Reap, Kampong Thom, dan Kampong Cham, turut menyambut Tim Pereli Indonesia dengan menggelar spanduk selamat datang atas ketibaan mereka.

Pada 17 Agustus 2018, Tim juga sempat melaksanakan Upacara Bendera HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI dengan penuh haru dan khidmat di Kampong Tom sebelum memulai reli. Tim tiba di Independence Monument, ikon kota Phnom Penh, Sabtu (18/8) yang disambut antusias oleh Dubes RI dan masyarakat Indonesia yang dengan sabar menanti kedatangan Tim Merah Putih di tengah rintik hujan sambil membentangkan spanduk 18th Asian Games 2018. 

"Saya turut bangga atas prestasi dua pembalap wanita Indonesia yang mendapatkan Juara 1 dan 2 sebagai kado HUT ke-73 RI Tahun 2018, serta 1 kelas roda 4 yang berhasil menyelesaikan AXCR 2018. Kita akan terus dukung Tim Merah Putih di berbagai ajang meraih prestasi termasuk Rally motor dan mobil tahun ini," kata Dubes RI ketika diwawancarai oleh wartawan di lokasi garis finish. Selain dari Indonesia, pada AXCR 2018 terdapat 26 peserta mobil dan 29 motor yang berasal dari Australia, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Brunei Darusalam, Thailand, dan Kamboja. 

Dubes RI juga turut hadir pada Malam Pemberian Penghargaan kepada para pereli yang dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup Kamboja, Say Samal. 

Ketibaan Tim Pereli di Garis Finish di Phnom Penh bertepatan dengan pembukaan 18th Asian Games di Jakarta tanggal 18 Agustus 2018. Melalui kerja keras dan perjuangan yang tentunya tidaklah ringan serta berbagai tantangan lintasan dan ujian atas mobil dan motor yang sempat mengalami kendala, akhirnya Pembalap wanita Indonesia memperoleh juara dan satu tim mobil dapat menyelesaikan reli dengan tuntas sampai garis finish.  

"Hal ini tentunya menjadikan inspirasi bahwa tidak ada perjuangan yang sia-sia. Bagaimana pun kondisinya, menuntaskan pertandingan dengan team work yang solid adalah target yang harus dicapai. Semoga Indonesia sukses pada 18th Asian Games 2018, selamat berjuang atlet Indonesia, semangat terus dan pantang menyerah," ujar Dubes Sudirman. (p/ab)