nusakini.com - Internasional - Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, diperkirakan akan mengkonfirmasi pengunduran dirinya setelah tiga partai kunci dalam koalisinya yang luas tidak berpartisipasi dalam mosi tidak percaya tentang kondisi yang dia tetapkan untuk melanjutkan pemerintahannya.

Mantan kepala Bank Sentral Eropa tersebut mengatakan kepada senat sebelumnya pada hari Rabu (20/7) bahwa kelangsungan pemerintahan persatuannya bergantung pada "membangun kembali pakta kepercayaan" dan semangat kerja sama pada bulan-bulan awalnya, dan meminta pemungutan suara atas dasar ini.

Draghi menawarkan pengunduran dirinya minggu lalu setelah Gerakan Bintang Lima (M5S), komponen kunci dari koalisinya yang luas, menolak pemungutan suara pada paket biaya hidup senilai €26 miliar.

Pengunduran dirinya ditolak oleh presiden, Sergio Mattarella, yang memintanya untuk berbicara di parlemen dalam upaya untuk mencegah apa yang akan menjadi runtuhnya pemerintah ketiga Italia dalam tiga tahun.

Langkah itu malah melebarkan keretakan antara pihak-pihak yang bertikai, dengan Liga sayap kanan Matteo Salvini dan Forza Italia pimpinan Silvio Berlusconi menuntut pemerintahan Draghi baru tanpa M5S.

Draghi telah mengatakan beberapa kali bahwa dia tidak akan memimpin pemerintahan tanpa M5S, tetapi juga tidak akan menerima ultimatum.

Ketika ketegangan meningkat sepanjang hari, Liga dan Forza Italia mengatakan mereka "terkejut" ketika Draghi mengumumkan nasib pemerintahannya akan ditentukan dengan mosi tidak percaya pada resolusi yang diminta oleh senator tengah, Pier Ferdinando Casini, yang menyerukan persetujuan untuk syarat yang diajukan Draghi.

Kedua pihak mengatakan mereka tidak akan hadir untuk pemungutan suara. M5S kemudian mengikutinya. “Selama 18 bulan terakhir semua tindakan kami telah dibongkar,” kata senator M5S Mariolina Castellone. "Mari kita hilangkan ketidaknyamanan ini."

Pemungutan suara disahkan di senat pada Rabu malam tetapi meskipun Draghi masih memiliki mayoritas, dia kemungkinan akan mengkonfirmasi pengunduran dirinya.

“Saya pikir ini sudah berakhir,” kata Wolfango Piccoli, co-presiden perusahaan riset yang berbasis di London, Teneo. Draghi akan berpidato di majelis rendah parlemen pada Kamis pagi, di mana ia diharapkan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai tindakan menghormati parlemen, sebelum pergi ke Mattarella. Piccoli berkata: "Jika tidak ada keajaiban, itulah hasilnya."

Dia menambahkan: “Ini bukan masalah mayoritas pada saat ini karena dia selalu memiliki mayoritas – pertanyaannya di sini adalah tentang politik, artinya tidak ada gerakan dari partai politik untuk memenuhi persyaratannya untuk menciptakan rasa percaya yang baru, jadi apa yang kita lihat adalah tiga pihak yang membelakanginya.

“Semua pidato dari Liga, M5S dan Forza Italia hari ini adalah pidato pra-pemilihan.”

Pengunduran diri Draghi akan terjadi meskipun ada gelombang dukungan publik baginya untuk tetap menjabat. Ada deklarasi dari lebih dari 1.500 walikota dari seluruh spektrum politik dan berbagai serikat pekerja, sebuah sinyal dukungan publik yang menurut Draghi "belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak mungkin diabaikan".

Dia juga mendesak persatuan sehingga pemerintah dapat menghadapi tantangan utama, seperti perang di Ukraina, krisis energi, ketidaksetaraan sosial dan pemberlakuan reformasi yang diperlukan untuk mendapatkan tahap berikutnya dari €200 miliar Italia yang akan diterima dari Uni Eropa. dana pemulihan pascapandemi. Dia juga menegur mitra koalisinya karena pertikaian dan perolehan poin selama beberapa bulan terakhir.

Jika Draghi mengkonfirmasi pengunduran dirinya maka Mattarella dapat memintanya untuk tetap sebagai perdana menteri sementara. Namun, analis mengatakan bahwa Mattarella kemungkinan besar akan membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan umum paling cepat akhir September.

Sebuah laporan minggu ini pada survei baru-baru ini mengatakan bahwa dalam hal pemilihan awal, sebuah koalisi yang dipimpin oleh Brothers of Italy sayap kanan dan termasuk Liga dan Forza Italia dapat dengan mudah mengamankan mayoritas. (theguardian/dd)