Perbakin Kalteng Diminta Fokus Hadapi PON 2020 Papua

By Admin

nusakini.com-- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Menembak Indonesia (PB PERBAKIN) Pusat Agung Prabowo melantik Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) Kalimantan Tengah Masa Bhakti 2018-2022 disaksikan Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yuel Tanggara mewakili gubernur Kalteng, Ketua KONI Kalteng dan Pengurus PERBAKIN Kabupaten dan Kota se-Kalteng melantik Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) Kalimantan Tengah Masa Bhakti 2018-2022 di Palangka Raya, Kamis (29/03). 

Sekjen PB PERBAKIN Pusat Agung Prabowo mengatakan, kesuksesan sebuah periode kepengurusan PERBAKIN dapat dilihat dari prestasi atlet dan ketepatan menembak targetnya. Untuk itu Agung Prabowo mengharapkan Pengurus PERBAKIN Kalteng yang baru agar segera melakukan pembinaan menghadapi persiapan PON 20 di Papua. Di Kalimantan Tengah masih belum ada pembinaan tembak reksi, padahal tembak reaksi dan berburu merupakan salah satu kegiatan hobi yang belakangan justru kemajuannya di Indonesia pesat sekali dan sudah melahirkan prestasi dalam berbagai kejuaraan di beberapa negara. 

Sementara itu gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yuel Tanggara menegaskan, arah pembinaan dan pengembangan olah raga menembak harus semakin terukur sehingga muncul bibit-bibit atlet yang unggul dan professional. Untuk itu diperlukan konsolidasi organisasi sampai tingkat daerah mengingat masih banyak hal yang perlu ditindaklanjuti terkait dengan pengembangan organisasi PERBAKIN di Kalimantan Tengah terutama pembinaan prestasi yang berkelanjutan sampai ke tingkat ranting. 

Sugianto Sabran menegaskan, pengalaman menunjukkan bahwa tanpa persiapan yang maksimal mustahil berharap hasil yang terbaik. Karena itu gubernur meminta kepada Pembina serta pelatih dari semua jenis dan bidang menembak (tembak sasaran, tembak reaksi dan berburu) agar serius melakukan pembinaan yang berkelanjutan dan evaluasi secara kontinyu. 

Proses evaluasi dapat menjadi ukuran perbaikan dan koreksi latihan yang lebih baik, menjalin kekompakan dan keharmonisan antar Pengurus Provinsi, Pengurus Cabang Kabupaten dan Kota serta saling mendukung terutama dalam penjaringan, pembibitan dan pembinaan yang berkelanjutan terhadap klub-klub yang ada sampai ke tingkat ranting, mengingat masih banyak putra-putri yang berpotensi dan berbakat menjadi atlet menembak. Selain itu ada program mendesak yang memerlukan persiapan dan pelaksanaan latihan terpusat maupun berjalan dalam rangka menghadapi Pra PON Papua

Gubernur mengharapkan pengurus PERBAKIN Kalteng agar melakukan pembinaan sejak usia dini sebagai cikal bakal mengenalkan cabang olahraga menembak, pemakaian dan penggunaan senjata yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Pembinaan olahraga menembak itu nanti akan dilengkapi dengan pembangunan sarana dan prasarana disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) Kalimantan Tengah Periode 2018-2022 itu dengan Ketua Christian Sanco dan Sekretaris Umum Sapta K, dilengkapi dengan beberapa bidang pengembangan dan pembinaan.Dewi Yulianto. Humas Kalteng. (p/ab)