Perayaan Idul Fitri 1439 H di KBRI Bucharest

By Admin

nusakini.com--Sajadah yang berjejer rapi di Aula KBRI Bucharest pada pagi hari tanggal 1 Syawal 1439 H bersiap menyambut kehadiran masyarakat Indonesia yang merayakan Idul Fitri nun jauh dari kampung halaman di Rumania. Selain warga Indonesia, Duta Besar dan warga negeri jiran Malaysia di Bucharest juga turut meramaikan perayaan lebaran di KBRI Bucharest.  

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan shalat Id dilanjutkan dengan open house di KBRI yang menyuguhkan berbagai hidangan khas lebaran. Open house ini merupakan ajang silaturahmi antara Dubes RI beserta staf KBRI dengan masyarakat Indonesia yang tinggal di Bucharest. Sekitar 75 orang berkumpul di aula KBRI Bucharest untuk merayakan hari yang fitri ini. 

Tidak lengkap rasanya lebaran tanpa hidangan khas seperti ketupat, lontong sayur dan opor ayam. Pada perayaan lebaran kali ini, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Bucharest menyiapkan hidangan khas tersebut dilengkapi dengan sambal goreng hati, tekwan, kerupuk dan sambal. Selain itu, disajikan juga opor ayam, sambal goreng hati, lumpia dan tekwan asli Palembang. 

Undangan open house ditujukan kepada semua masyarakat Indonesia di Bucharest terlepas dari merayakan IdulFitri atau tidak. Masyarakat yang hadir berasal dari berbagai latar belakang agama. Kerukunan dan torelansi antar-umat beragama begitu terasa pada perayaan Idul Fitri di Bucharest sebagai mana pencerminan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika". 

Keluarga KBRI dan masyarakat Indonesia di Bucharest mengucapkan selamat Idul Fitri 1439 H, mohon maaf lahir dan batin.(p/ab)