Penjelasan Tentang Ciri Pupuk Asli

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia (Persero) Koeshartono mengatakan, sangat mengapresiasi pihak Kepolisian yang berhasil membongkar sindikat produsen pupuk palsu.

Pupuk Indonesia sendiri bertanggungjawab dalam mendistribusikan pupuk bersubsidi dengan jenis urea, NPK, ZA, SP36 dan pupuk organik. Pupuk Urea bersubsidi dipasarkan di seluruh Indonesia oleh anak-anak Perusahaannya dengan menampilkan logo Pupuk Indonesia di bagian depan karung, dan ditandai dengan tulisan ‘Pupuk Bersubsidi Pemerintah’.


“Pupuk Urea yang asli juga mencantumkan nomor call center, logo SNI, nomor ijin edar pada bagian depan karung serta ditandai dengan bag code di bagian belakang untuk menunjukan tanggal dan tempat produksi pupuk tersebut.”, kata Koeshartono sebagaimana dikutip pada laman resmi Pupuk Indonesia, Kamis (21/4/2016)

Kandungan urea bersubsidi adalah 46%. Pupuk Urea Bersubsidi memiliki ciri khusus berwarna pink, sedangkan produk non subsidi berwarna putih. Harga Eceran Tertinggi (HET) urea adalah Rp1.800,- per kg.


Pupuk NPK Bersubsidi dipasarkan dengan merk PHONSKA Pupuk Indonesia.NPK Phonska Pupuk Indonesia memiliki kandungan unsur hara 15% Nitrogen, 15% Fosfat, 15% Kalium dan 10% sulphur dan HET Rp2.300 /kg. Ciri-ciri fisiknya adalah berwarna merah, berbentuk granul (butirannya agak besar) dan bersifat hidroskopis atau mudah larut dalam air.Karung NPK PHONSKA yang asli juga berlogo Pupuk Indonesia di bagian depan, dengan tulisan Pupuk Bersubsidi Pemerintah, kandungan pupuk logo SNI, dan juga memiliki bag code di bagian belakang.


“Kami juga menampilkan monitoring stok pupuk bersubsidi secara online, penebusan DO online, adanya call center serta pencantuman bag code untuk melacak kode produksi produk bila terjadi penyimpangan”, jelas Koeshartono.(if/mk)