Pengusaha Muda Indonesia Jajaki Peluang Masuk Pasar Prancis

By Admin

nusakini.com--Dubes RI Paris, Hotmangaradja Pandjaitan, telah menerima 50 orang pengusaha muda Indonesia yang tergabung dalam organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), akhir pekan lalu.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Galeri Budaya KBRI Paris, Dubes RI menerima rombongan yang dipimpin Ketua HIPMI, Bahlil Lahadalia. Dubes RI menyampaikan paparan mengenai hubungan bilateral antara Indonesia dengan Prancis, khususnya di sektor ekonomi. Berbagai proyek kerja sama keuangan, perkembangan perdagangan dan investasi, serta kerja sama pengembangan kapasitas juga disampaikan oleh Dubes RI.  

  Saat ini masih banyak komoditas Indonesia yang memiliki potensi untuk masuk pasar Prancis, misalnya untuk produk kopi dan teh, tekstil, produk karet, alas kaki, dan furnitur. Salah satu faktor penting untuk diperhatikan pengusaha Indonesia yang berminat masuk pasar Prancis adalah ketaatan pada kelestarian lingkungan hidup.

Para anggota HIPMI yang berkunjung ke KBRI Paris datang dari seluruh Indonesia, baik Papua, Maluku, Bengkulu, Riau, Jabar, serta mewakili berbagai sektor usaha, seperti pariwisata (eco-resort), perkebunan, produk kecantikan, tambang, hingga konstruksi dan infrastruktur.  

Sementara pada Senin (6/8), rombongan melangsungkan pertemuan dengan Paris Enterprise Region, yang merupakan badan khusus untuk promosi wilayah Paris dan pembinaan kerja sama perdagangan internasional Kota Paris. Setelah Paris, rombongan HIPMI akan melanjutkan perjalanan ke Belgia dan Belanda untuk melanjutkan penjajaki​an lebih lanjut, khususnya terkait teknologi dan inovasi. (p/ab)