nusakini.com-Palu-Madrasah Tsanawiah Negeri (MTsN) 2 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2018. 

Penghargaan bergengsi dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy tahun 2018 tersebut diterima Kepala MTsN 2 Muh Sarib bersamaan dengan gelaran peringatan Hari Amal Bakti (HAB) 73 pada Kamis 3 Januari 2018 di Kanwil Kemenag Sulteng. 

MTsN 2 Kota Palu ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri pada 17 Desember 2018 berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor: SK.557/MENLHK/P2SDM.2/12/2018.Tahun 2018, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri kepada 117 sekolah mulai dari SD, SMP/MTsN dan SMA/MA. 

Penghargaan ini diberikan pemerintah dalam rangka meningkatkan peran warga sekolah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan dan berperan aktif serta berkinerja baik melestarikan fungsi lingkungan hidup. 

"Alhamdulillah MTsN 2 Palu berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri 2018. Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang menjadi kado istimewa di peringatan HAB 73. Dalam peringatan HAB Kemenag lalu ada 17 guru kami yang mendapat tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya, " ujar Muh Sarib.

Ia menambahkan, kerberhasilan MTsN 2 Kota Palu meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri 2018 tidak lepas dari dukungan sejumlah pihak termasuk dari Kanwil Kemenag Provinsi Sultengdan Pemerintah Provinsi Sulteng."Ini merupakan kebahagian bagi segenap keluarga besar MTsN 2 kota Palu," ujar Kepala Kanwil Rusman Langke saat menyerahkan penghargaan. 

Menurut Muh Sarib, selain penghargaan Adiwiyata Mandiri, sepanjang tahun 2018 MTsN 2 Kota Palu juga berhasil meraih sejumlah penghargaan di antaranya juara lomba kebersihan dan keindahan kantor tingkat provinsi, sekolah sehat, KSM Bidang Studi IPA, Guru Berpretasi (Rusdiana), Pramuka tingkat Penggalang, PBB Kreasi termasuk semafor, pentas seni, komuputer standar dan musik tradisional.(p/ab)