Pengembangan Infrastruktur Regional Sulawesi Wujud dari Asean Highways

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Hermanto Dardak pada kegiatan Pemantapan dan Penguatan Program Prioritas Kebersamaan Regional Sulawesi di Jakarta, Jumat (15/4/2016) mengatakan, Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan sudah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung pembangunan Asean Highways di Pulau Sulawesi.

Asean Highways merupakan jaringan jalan beberapa negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Sulawesi menjadi kawasan strategis yang dilewati oleh Belt and Road Initiative yang merupakan prinsip, kerangka, dan prioritas kerja sama yang mencakup di jalur Sutra yaitu melalui Asia Tengah, Asia Barat, Timur Tengah, dan Eropa.

Selain itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan di Sulawesi seperti penanganan kawasan perbatasan dan program pembangunan infrastruktur dapat mendukung rencana pembangunan tol laut 2017.

Dukungan juga diberikan Kementerian PUPR terhadap pembangunan bandar udara, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Perkeretaapian, Kawasan Industri (KI), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan Kota Terpadu Mandiri (KTM).

“Pemerintah saat ini sedang mengoptimalkan peningkatan konektivitas melalui pembangunan jalan ekspres atau jalan tol. Salah satunya jalan tol Manado-Bitung yang berada di Sulawesi Utara. “Pembangunan tersebut perlu dukungan berbagai pihak agar ada konektivitas antar wilayah di seluruh Sulawesi,” tutur Dardak.

Menurut Dardak, pembangunan saat ini membentuk pusat wilayah dari berbagai wilayah disekitarnya, atau disebut juga dengan polisentris. Sebagai contoh, Kota Parepare di Sulawesi Selatan akan dikembangkan dan dihubungkan dengan jalur kereta api. “PUPR akan mendukung dari segi infrastruktur berupa jalan nasional di sekitar jalur kereta api itu,” tutup Dardak.(if/mk)