Pengelola RPTRA Senang Bisa Ikuti Pelatihan Mendongeng

By Al


nusakini.com - Jakarta - Pelatihan mendongeng yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat mendapatkan apresiasi dari pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang mengikuti kegiatan tersebut.

Salah seorang Pengelola RPTRA Kebon Sirih, Ega putri mengatakan, dirinya baru kali pertama mengikuti pelatihan mendongeng.

"Pelatihan ini sangat bagus sekali, terlebih RPTRA bersentuhan langsung dengan anak-anak serta dilengkapi perpustakaan," ujarnya

Ega menjelaskan, dengan pelatihan ini, pengelola RPTRA menjadi lebih mengerti dalam menentukan, tema, alur, tokoh, konflik, hingga solusi. Sehingga anak-anak tidak bosan saat menyimak atau mendengarkan dongeng yang dibawakan.

"Pelajaran paling penting yang didapat yakni, dalam mendongeng tidak hanya membaca, namun disetai gerakan tubuh, suara dan nada, serta penyebutan huruf yang benar serta jelas," terangnya.

Sementara itu, hal senada disampaikan, Pengelola RPTRA Bendungan Hilir, Wuri Dewi Angesti. Menurutnya, dari pelatihan mendongeng banyak pengetahuan dan wawasan yang didapat, termasuk untuk mengetahui teknik mendongeng yang baik dan benar.

"Bekal pengetahuan ini sangat penting bagi kami, khususnya dalam menumbuhkan minta baca anak-anak," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 200 peserta mengikuti pelatihan mendongeng yang diselenggarakan oleh Sudin Pusip Jakarta Pusat