Penambahan Cuti Lebaran Dapat Mengurangi Penumpukan Kendaraan

By Admin

nusakini.com--Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan dengan bertambahnya hari libur pada tanggal 23 Juni sebagai cuti bersama Lebaran 2017 akan menambah pilihan hari kepada masyarakat untuk pulang kampung, sehingga lalu lintas dapat lebih terurai lagi. 

“Kita libur ditambah hari jumat sehingga kesempatan untuk mudik bukan hanya hari Sabtu tapi hari Jumat, diperkirakan pada H-2 potensi kendaraan padat sekali. Namun, kita sudah mengadakan simulasi dengan pihak operator jalan tol, untuk mengalihkan lalu lintas ketika terjadi kepadatan di satu titik,” tutur Danis dalam Dialog TV Lunch Talk Berita Satu TV, Kamis (15/6). 

Pada jalan tol Jakarta – Cikampek, lalu lintas kendaraan mencapai 70-80 ribu pada hari normal, sedangkan pada H-2 lebaran diperkirakan yang melintasi jalan tol tersebut mencapai 120 ribu. Dari jumlah tersebut sebanyak 30 persen akan menuju tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) dan sebanyak 70 persen akan menuju Cikampek dan tol Cikampek – Palimanan (Cipali). 

Dilansir dari situs Sekretariat Negara pada hari ini, disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo telah meneken Keppres Nomor 18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017 pada tanggal 15 Juni 2017. 

Dalam Keppres ini, disebutkan bahwa tanggal 23, 27, 28, 29, dan 30 Juni 2017 (Jumat, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat) sebagai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah dan tanggal 26 Desember 2017 (Selasa) sebagai cuti bersama Hari Raya Natal. 

Danis menambahkan bahwa dalam pelaksanaan mudik ini Kementerian PUPR bertanggung jawab akan prasarana yang dikoordinasi dibawah pimpinan Kementerian Perhubungan bersama dengan Korlantas POLRI, dan lainnya.

“Terkait dengan exit tol sementara koordinasi dengan pemerintah daerah di Brebes, Tegal, Pemalang juga sudah dikoordinasikan dengan baik. Kami bersama-sama ingin agar acara mudik ini memberikan kebahagiaan bukan menjadi hal yang menakutkan,”tutup Danis.(p/ab)