Pemuda Bandung Siap Manfaatkan FEALAC Youth Center

By Admin

nusakini.com--Sekretariat FEALAC (Forum for East Asia and Latin America Cooperation) Youth Center diresmikan oleh Direktur Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan Amerika dan Eropa, Dewi Gustina Tobing bersama dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil Bertempat di Bandung Creative Hub, pekan lalu.

Direktur Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan Amerika dan Eropa, Dewi Gustina Tobing menyampaikan bahwa dengan diresmikannya Sekretariat ini, maka diharapkan kegiatan kepemudaan di FEALAC Youth Center dapat segera dijalankan, “Salah satu kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan di FEALAC Youth Center yaitu pelatihan bahasa asing bagi para pemuda bandung dengan tutor pemuda dari negara anggota FEALAC melalui skype," jelasnya. 

Bertempatnya Sekretariat FEALAC Youth Center di Bandung Creative Hub merupakan komitmen Walikota Bandung yang disampaikan pada Indonesia FEALAC Youth Conference (IFYC) yang diadakan di Gedung KAA 2 tahun silam. “Tunai sudah janji", ujar Kamil dalam sambutannya. Dirinya menekankan bahwa Pemerintah Kota Bandung akan terus mendukung program-program Kementerian Luar Negeri terutama yang berkaitan dengan kepemudaan apalagi Kota Bandung telah terpilih sebagai kota paling ramah pemuda di Indonesia. 

Peresmian FEALAC Youth Center ini kemudian diikuti dengan diskusi publik mengenai FEALAC yang dihadiri kurang lebih 70 orang yang terdiri dari Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandung, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Perwakilan Diplomatik negara anggota FEALAC serta pemuda-pemudi anggota berbagai komunitas yang ada di Bandung dan Jakarta. 

Bertindak sebagai narasumber dalam diskusi tersebut yaitu Direktur Kerja Sama Intrakawasan Amerika dan Eropa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kabid Pembinaan Pemuda Dispora Kota Bandung, CEO Anakmuda.net dan Koordinator Bandung Sister Cities Youth Forum. Dalam forum tersebut, dilakukan juga Skype Conference antara peserta diskusi dengan alumni IFYC untuk saling bertukar pendapat mengenai isu-isu kepemudaan.

Meskipun Center ini terletak di Bandung, para pemuda di luar Bandung tetap dapat memanfaatkan keberadaan Center ini dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatannya secara on line seperti pelatihan bahasa asing dan web seminar. 

Pada akhir diskusi, para peserta menyepakati beberapa program yang akan dilaksanakan dalam kerangka kepemudaan FEALAC seperti program pelatihan bahasa asing, diskusi reguler dengan para pemuda dari negara anggota FEALAC yang mengangkat tema-tema khusus serta yang terpenting yaitu kampanye akan keberadaan FEALAC Youth Center di Bandung terutama kepada para pemuda Bandung. 

Untuk itu, tim Anakmuda.net dan Bandung Sister Cities Youth Forum telah memberikan komitmennya sebagai koordinator para pemuda di Jakarta dan Bandung untuk menyukseskan program yang telah disepakati tadi. “Ayo ramaikan FEALAC Youth Center," seru mereka diakhir diskusi. (p/ab)