Pemprov Sumsel Beri Perhatian Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

By Admin


nusakini.com-Palembang-Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Nasrun Umar mengaku bangga atas prestasi dan keterampilan yang telah banyak ditorehkan para peyandang disabilitas di Sumatera Selatan.Meskipun mempunyai keterbatasan fisik namun tetap memiliki keterampilan luar biasa, hal tersebut diungkapkan Sekda Nasrun Umar saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang dipusatkan di gedung serbaguna panti sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang, Senin (17/12). 

"Kalian penyandang disabilitas sungguh luar biasa telah membanggakan kita semua. Dibalik keterbatasan fisik namun Allah telah titipkan kelebihan yang tidak dimiliki orang normal,” ucap Sekda. 

Sebagai manusia yang normal lanjut Sekda, sudah menjadi tugas kita semua membuat para penyandang disabilitas mandiri, berdayang saing untuk mencapai cita-cita dan harapannya. 

“Bagi kita, non disabilitas atau disabilitas itu tidak ada bedanya karena dimata Allah kita sama sama dan tidak ada perbedaan kecuali amal dan perbutan baik,” tegas Sekda. 

Pada kesempatan ini, Nasrun Umar juga mengajak semua pihak untuk bertanggung jawab, punya rasa empati yang tinggi terhadap keberlangsungan anak anak dan para penyandang disabilitas lainnya di Sumsel.  

Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinsos Provinsi lanjut Nasrun, tetap berupaya mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas agar memperoleh hak, salah satunya meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial bagi peyandang disabilitas secara adil dan merata. 

“Kita akan terus mendorong perusahaan dan masyarakat agar berperan aktif dalam penanganan peyandang disabilitas melalui kerjasama dengan forum CSR dalam penanganan permasalahan sosial,” pungkasnya. 

Tahun 2018 ini, Tegas Nasrun, Pemprov Sumsel melalui Dinsos Sumsel telah memberikan bantuan berupa alat bantu bagi para penyandang disabilitas sebanyak 681 orang meliputi, kursi roda sebanyak 288 unit, hearing aid 114 buah, tongkat 76 buha, prothese tangan 5 buah dan prothese kaki 33 buah serta bantuan lainnya.  

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Rasidin Hasan menilai tingkat kepedulian warga Sumsel terhadap penyandang disabilitas patut diacungi jempol, terutama datang dari kalangan perusahaan BUMN dan BUMD serta perusahaan swasta yang telah mengalokasikan dana CSR-nya.(p/ab)